Umrah Dibuka Kembali, Jamaah Wajib Jalani Dua Kali Karantina

Pingit Aria
2 November 2020, 15:55
Duta besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqaf (kiri) memberikan cenderamata kepada jamaah umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/11/2020). Setelah tujuh bulan menangguhkan umrah, Kerajaan Arab Sa
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Duta besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqaf (kiri) memberikan cenderamata kepada jamaah umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/11/2020). Setelah tujuh bulan menangguhkan umrah, Kerajaan Arab Saudi resmi membuka umrah tahap pertama untuk Indonesia dengan kuota 278 jamaah.

Pemerintah Arab Saudi kembali membuka perjalanan umrah untuk jamaah asing termasuk Indonesia. Penyelenggaraan ibadah umrah dalam situasi pandemi ini dilakukan dengan protokol Kesehatan yang ketat.

Setiap jamaah misalnya, harus menjalani dua kali karantina, yakni saat pertama kali tiba di Saudi dan saat kembali ke negaranya. Selain itu, untuk memastikan kontrol atas terselenggaranya protokol kesehatan di pesawat, Saudi Airlines menjadi maskapai tunggal yang mengangkut jamaah umrah.

Advertisement

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung pembukaan kembali penerbangan umrah dari Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi mulai Minggu, 1 November 2020. “Kami meminta 
jamaah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di pesawat maupun saat beribadah,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Pemerintah Arab Saudi saat ini telah memberlakukan pemberian alokasi visa umrah saat dalam sistem e-umrah. Uji coba dilakukan selama November-Desember.

Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan juga dengan Otoritas Penerbangan Arab Saudi, agar maskapai penerbangan nasional dapat juga mengangkut penerbangan umrah, dan dapat disertakan ke dalam sistem e-umrah.

BErikut adalah Databoks yang menunjukkan jumlah jamaah umrah Arab Saudi:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement