Misi Lain Jokowi ke Swiss, Kampanyekan RI Tuan Rumah Olimpiade 2032

Rizky Alika
4 November 2020, 15:29
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari berpose di kantornya di Senayan, Jakarta, Kamis (16/7/2020).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari berpose di kantornya di Senayan, Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Pemerintah membentuk komite khusus untuk mempersiapkan seleksi terbuka (bidding) tuan rumah Olimpiade 2032. Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga akan ke Swiss untuk mengkampanyekan pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah olimpiade 2032.

"Yang sekarang kami konsetrasikan, yang kami persiapkan, adalah tim atau komite khusus untuk bidding 2032," kata Zainudin usai menghadiri rapat terbatas secara virtual dengan Presiden Joko Widodo, Rabu (4/11).

Advertisement

Menurutnya, pemerintah akan menyiapkan proposal atau feasibility study yang disiapkan bersama Komite Olimpiade Indonesia dan kementerian/lembaga terkait. Di sisi lain, pemerintah tengah mempersiapkan atlet nasional untuk ikut serta dalam Olimpiade tersebut.

Oleh karenanya, Kemenpora sedang melakukan uji publik ke berbagai perguruan tinggi dan pemangku kepentingan lainnya. "Ini akan jadi grand design jangka panjang pembinaan olahraga nasional, termasuk untuk Olimpiade 2032," ujar dia.

Ia pun menyatakan, pemerintah optimistis pergelaran olahraga empat tahunan tersebut dapat diselenggarakan di Indonesia. Zainudin juga memastikan, kondisi perekonomian Tanah Air akan pulih pada sepuluh hingga dua belas tahun mendatang.

Ajang internasional seperti olimpiade selalu berhasil mendatangkan wisatawan global ke negara penyelenggara. Berikut Databoks yang menggambarkan data wisatawan global pada 2019:

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan, guna mendukung proses pencalonan, Jokowi akan bertolak ke kantor International Olympic Committee (IOC) di Lausanne, Swiss. "Itu sangat membantu proses pencalonan Olimpiade dan Paraolimpiade 2032," katanya.

Nantinya, Indonesia akan bersaing dengan negara lainnya yang berminat menjadi tuan rumah, yaitu Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, dan India. Namun, pemerintah tetap yakin akan terpilih menjadi tuan rumah lantaran kondisi cuaca dan suhu di Tanah Air relatif stabil. Selain itu, Indonesia dinilai aman, indah, dan memiliki keramahan di bidang kuliner.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement