Dorong Digitalisasi Logistik Bisnis Retail, Aprindo Gandeng Gojek

Pingit Aria
9 November 2020, 17:31
Gojek mendistribusikan paket makan gratis kepada mitra pengemudi lewat belasan ribu merchant GoFood.
gojek
Gojek mendistribusikan paket makan gratis kepada mitra pengemudi lewat belasan ribu merchant GoFood.

Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) menandatangani nota kesepahaman dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek pada Senin 9 November 2020. MoU ini diharapkan dapat mempermudah para pengusaha retail dalam logistik dan distribusi barang dengan memanfaatkan layanan Gojek.

Ketua Aprindo, Roy Nicholas Mandey, mengatakan saat ini Aprindo terus berupaya melakukan digitalisasi. Terlebih, pandemi Covid-19 membuat pelaku usaha lebih cepat beradaptasi.

Advertisement

"Saat ini adalah waktu yang terbaik untuk setiap kita pelaku usaha melakukan transformasi, kita tahu bahwa saat pandemi ini justru ada satu tantangan yang harus kita lakukan berkaitan dengan persiapan menuju normal baru," kata Roy dalam konferensi pers, Senin (9/11).

Ia menyatakan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam kerangka kerja sama antara Aprindo dengan Gojek, salah satunya adalah proses pengiriman barang. Jika sebelumnya hanya ada beberapa retail yang bekerja sama dengan Gojek, maka MoU ini telah mencakup seluruh jaringan retail yang berada di bawah Aprindo.

Saat ini peretail anggota Aprindo tercatat mengoperasikan sekitar 35.000 gerai di seluruh Indonesia. "Ketika masyarakat diminta stay at home, peretail yang tidak punya sarana transportasi sangat rawan mengalami penurunan penjualan," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement