Penjualan Motor Mulai Pulih, Target Tahun Ini Mungkin Tercapai

Pingit Aria
9 November 2020, 18:17
Jokowi Yamaha
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Penjualan sepeda motor sempat mengalami tekanan akibat pandemi Covid-19. Namun, melihat pencapaian hingga bulan September lalu, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) optimistis target penjualan sebanyak 3,6 – 3,7 juta unit masih mungkin tercapai tahun ini.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala menyebut, jumlah sepeda motor yang terjual pada September 2020 sebanyak 380,713 unit. Dengan demikian, sepanjang Januari-September 2020, jumlah penjualan sepeda motor mencapai 2,9 juta unit.  

Karena itu, asal tidak ada pengetatan dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Sigit optimistis kinerja penjualan masih akan tumbuh. “Kita optimistis sampai bulan Desember nanti (tambahan) penjualan tembus 800.000 unit, sehingga target akan tercapai,” ujar Sigit saat dihubungi Katadata.co.id Senin, (9/11).

Menurutnya, kinerja penjualan sepeda motor tahun depan masih akan bergantung pada penanganan pandemi Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi. Jika pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5% dan perusahaan pembiayaan telah menuntaskan restrukturisasi yang diajukan nasabah terdampak Covid-19, maka penjualan motor akan kembali normal seperti tahun sebelumnya.

Sementara itu, penularan Covid-19 terus terjadi di Indonesia. Simak Databoks berkut:

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...