Tinjau 3 Provinsi, Doni Monardo Tekankan Penanganan Dini Covid-19

Pingit Aria
10 November 2020, 15:15
Kepala BNPB Doni Monardo, memaparkan materi dalam acara webinar katadata Ancaman Kebakaran Hutan di Tengah Pandemi
Katadata
Kepala BNPB Doni Monardo, memaparkan materi dalam acara webinar katadata Ancaman Kebakaran Hutan di Tengah Pandemi

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengunjungi tiga provinsi yakni Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. Meski kurva penularan virus corona tampak melandai, ia meminta masyarakat tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan kendor. Kita tidak tahu Covid-19 ini kapan akan berakhir. Vaksinnya pun masih dalam proses,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Selasa (10/11).

Menurutnya, hingga saat ini ‘vaksin terbaik’ adalah protokol Kesehatan melalui Gerakan 3M, yakni menjaga jarak aman, mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker. 

Dalam rapat koordinasi tersebut, Satgas Penangan Covid-19 juga memberikan sejumlah bantuan. Di antaranya, KN95 sebanyak 20.000, masker medis sebanyak 20.000, masker kain 150.000, APD premium 10.000, face shield sebanyak 5.000 dan dua unit ventilator.

Berikut adalah Databooks penambahan kasus Covid-19 secara nasional:

Selain di Palu, Doni juga memberikan apresiasi kepada seluruh komponen dan jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara atas upaya penanganan Covid-19. “Kita memberikan apresiasi atas upaya dari seluruh komponen masyarakat di Kalimantan Utara. Telah membuktikan bahwa kasus dapat dikendalikan,” katanya di Kantor Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Senin (9/11).

Menurut analisa dari hasil akumulasi data Satgas, Provinsi Kaltara menjadi salah satu wilayah yang memiliki angka kasus aktif Covid-19 rendah. 

Berdasarkan data akumulasi per Senin (9/11), kasus Covid-19 di Kaltara memiliki penambahan sebanyak 4 kasus dan totalnya menjadi 897. Sedangkan untuk pasien sembuh mengalami peningkatan menjadi 786 setelah ada penambahan sebanyak 3 orang. Kemudian untuk kasus meninggal hingga sejauh ini ada sebanyak 10 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 juga memberikan dukungan bantuan. Di antaranya, masker KN95 sebanyak 20.000, masker medis sebanyak 20.000, masker kain 100.000, APD premium 10.000, face shield sebanyak 5.000, hand spray sebanyak 1000 dan ventilator 2 unit.

Sementara itu, di Balikpapan, Doni mendorong Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur agar dapat meningkatkan porsi upaya pencegahan penularan virus corona.

Dalam implementasinya, Doni meminta bahwa tenaga kesehatan harus berada pada posisi garda terakhir dan masyarakat yang menjadi garda terdepan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imunitas.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...