Vaksin Pfizer Efektif, Pemerintah Buka Peluang Kerja Sama

Pingit Aria
12 November 2020, 17:59
Seorang pekerja menyiapkan pengemasan obat-obatan padat.
ANTARA
Seorang pekerja menyiapkan pengemasan obat-obatan padat.

Kepala Staf Presiden Moeldoko mengungkapkan pemerintah terbuka untuk bekerja sama dalam pengadaan vaksin Covid-19 dengan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer dan mitra mereka dari Jerman, BioNTech. Sebelumnya, Pfizer menyatakan bahwa vaksin buatan mereka 90% efektif menangkal virus corona.

"Tidak menutup kemungkinan, tapi juga ada persoalan teknis yang dari sisi perlakuan terhadap vaksin itu," kata Moeldoko di kantornya di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya diberitakan uji klinis vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech diklaim dapat mencegah infeksi Covid-19 hingga 90%. Bagaimanapun, vaksin Pfizer dan BioNTech masih harus dikaji oleh kelompok pakar independen dan disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Di Indonesia, belum ada temuan seberapa ampuh vaksin Sinovac dan Sinopharm yang dipesan dari perusahaan asal Tiongkok. Sedangkan, uji klinis dijadwalkan selesai pada April 2021.

Dibanding vaksin buatan Tiongkok, ada pekerjaan besar untuk mendistribusikan vaksin Pfizer dan BioNTech di Tanah Air. Sebab, vaksin dengan basis RNA (ribonucleic acid) tersebut harus disimpan pada suhu minus 70 derajat celsius, tidak ideal untuk negara kepulauan tropis seperti Indonesia.

“Untuk daerah-daerah seperti kita ini sepertinya akan menghadapi kesulitan distribusi, persoalan teknisnya di situ," kata Moeldoko.

Sebagai gambaran, vaksin Sinovac dapat didistribusikan dalam suhu 2-8 derajat celsius, hampir sama untuk hampir semua jenis vaksin lain di Indonesia, kecuali polio yang dapat bertahan hingga pada suhu 20 derajat Celsius. Artinya, prosedur tersebut bukan hal baru.

Berikut adalah Databoks yang menggambarkan rencana penyuntikan vaksin Covid-19 oleh pemerintah:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...