Luhut Bertemu Trump di Gedung Putih, Ditawari Vaksin oleh Wapres AS

Pingit Aria
18 November 2020, 19:42
Pertemuan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan Presiden Amerika Serikat di Gedung Putih, Washington, Selasa (17/11).
White House
Pertemuan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan Presiden Amerika Serikat di Gedung Putih, Washington, Selasa (17/11).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) Muhammad Lutfi diterima oleh Presiden AS Donald  Trump di White House Washington DC. Luhut bertamu sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo.

Dalam pertemuan itu Donald Trump didampingi oleh Penasehatnya, Jared Kushner dan Ivanka Trump serta CEO US IDFC Adam Boehler. 

Advertisement

Kepada Trump, Menko Luhut menyampaikan salam, terima kasih dan penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Sebab, Presiden Donald Trump dianggap telah mendukung kerja sama RI dan Amerika Serikat selama ini.

Secara khusus, Luhut juga berterima kasih atas fasilitas bebas tarif bea masuk melalui Generalized System of Preferences (GSP), untuk lebih 700 produk ekspor asal Indonesia.

Sebelumnya, Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR) memperpanjang pemberian fasilitas GSP setelah melakukan evaluasi selama lebih kurang 2,5 tahun, terhadap negara-negara penerima bantuan, termasuk Indonesia.

Sebaliknya, Presiden Trump juga menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo atas kerja sama yang terjalin selama ini. Ia juga menyampaikan penilaian positif atas peningkatan hubungan ekonomi kedua negara.

Selain bertemu dengan Presiden Trump, Menko Luhut juga diterima oleh Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di kantornya. Pence menawarkan kerja sama produksi vaksin bersama  antara Perusahaan Amerika Serikat dan Indonesia.

 Sebelumnya, dua kandidat vaksin produksi perusahaan AS, Pfizer dan Moderna mengumumkan efektifitas melampaui 90% dalam hasil awal uji klinis tahap ketiga. SImak Databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement