Inovasi Pangan, dari Larva untuk Pakan Ternak hingga ‘Daging’ Nabati

Rizky Alika
20 November 2020, 06:00
Co-Founder and Co-Managing Partner Northstar Group, Patrick Walujomemberikan materi dalam acara webinar Jakarta Food Security Summit, Kamis (19/11/2020).
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Co-Founder and Co-Managing Partner Northstar Group, Patrick Walujomemberikan materi dalam acara webinar Jakarta Food Security Summit, Kamis (19/11/2020).

Berbagai inovasi terus berjalan di berbagai sektor industri. Dalam hal pangan misalnya, inovasi dalam pemenuhan kebutuhan gizi telah menarik minat masyarakat hingga pemodal.

Kepala Badan Inovasi Teknologi Startup Kadin Patrick Walujo menyebutkan, banyak peluang usaha pada bidang pangan, terutama saat pandemi ini. "Makin banyak private equity yang melihat ketahanan pangan dan sektor makanan itu sangat menjanjikan," katanya, dalam acara Jakarta Food Security Summit atau JFSS 2020 yang disiarkan secara daring, Kamis (19/11).

Advertisement

Ia mencontohkan startup Magalarva yang mengembangkan inovasi melalui ternak black soldier fly. Larva lalat ini kemudian diekspor sebagai protein bagi hewan ternak di Amerika Serikat (AS).

Inovasi tersebut dinilai murah dan memberikan banyak protein. Sebab, lalat hanya membutuhkan makanan dari ampas kelapa sawit atau sampah yang telah didaur ulang.

Namun, Patrick menilai makanan dari ampas kelapa sawit lebih bernutrisi dibandingkan sampah daur ulang. "Ini peluang besar. Bahkan ada investor menanamkan dananya hingga US$ 250 juta," katanya.

Tak hanya itu, ia juga menyebutkan potensi lainnya di bidang pangan, yaitu pembuatan ‘daging’ dari bahan nabati seperti yang dikembangkan di Hong Kong. Jenis ‘daging’ ini diminati oleh para vegetarian hingga mereka yang menderita penyakit tertentu dan harus diet rendah kalori.

Nantinya, bisnis bahan pangan nabati ini diperkirakan dapat mengambil hingga 50% pangsa pasar produk hewani di AS.

Berikut adalah Databoks mengenai ekspor tanaman pangan Indonesia:

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Video Pilihan
Loading...
Advertisement

Artikel Terkait