Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika Capai 35%

Mandalika akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menyelenggarakan perhelatan MotoGP.
Pingit Aria
25 November 2020, 15:07
Foto udara bentuk salah satu tikungan sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019). Saat ini ''Right of Way'' (ROW) lintasan sepanjang 4,3 Km te
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Foto udara bentuk salah satu tikungan sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019). Saat ini ''Right of Way'' (ROW) lintasan sepanjang 4,3 Km telah bisa dilewati sepenuhnya dan progres ''ground work'' mencapai 30 persen dan sirkuit dipastikan selesai pada akhir 2020 untuk segera diuji kelayakan jelang Mandalika MotoGP 2021.

Indonesia telah masuk dalam kalender  MotoGP  2021. Sirkuit Mandalika di Lombok pun terus bersolek.

PT PP (Persero) menyampaikan, sampai pekan ketiga November 2020 progres pembangunan Sirkuit Mandalika, NTB, mencapai 32,50%. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi ini optimistis proyek dapat diselesaikan pada pertengahan 2021.

"Dibekali dengan berbagai pengalaman yang dimiliki, Perseroan yakin dapat menghasilkan pembangunan jalan dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan standar internasional yang telah ditentukan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme atau FIM," kata Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (25/11).

Proyek pembangunan Jalan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika berlokasi di Desa Kuta Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu memiliki nilai kontrak sebesar Rp899 miliar.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh Perseroan, antara lain pekerjaan aspal, track lane, verge & kerb, run off, inner & outer service road, hauraton drainage, concrete barrier, tunnel, gravel bed.

PEMESANAN AWAL TIKET MANDALIKA GP
PEMESANAN AWAL TIKET MANDALIKA GP (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

 

Pembangunan Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 kilometer memiliki 17 tikungan diharapkan dapat menjadi pesaing utama pegelaran balap MotoGP di Buriram United International Circuit di Thailand.

Pembangunan Jalan KEK Mandalika nantinya akan memiliki area paddock sampai dengan 40 garasi, lebih dari 50.000 kapasitas tempat duduk dan 138.000 orang di area grand stand.

"Jalan KEK Mandalika merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dengan konsep menawarkan pemandangan indah yang dikelilingi oleh hamparan perbukitan, lagoon dan pantai," kata Novel.

Kondisi tersebut, katanya, merupakan kekayaan alami yang terdapat di kawasan pariwisata di selatan Pulau Lombok ini. Selain itu, sirkuit ini juga akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menyelenggarakan perhelatan MotoGP.

Sebelumnya, Pelaksana MotoGP Indonesia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), telah mengajukan diri untuk menggelar tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika. "Kami tunggu Dorna. Pastinya, kami penyelenggara sangat senang jika Dorna menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai tes pramusim," kata Chief Strategic Communication Officer MGPA Happy Harinto, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Indonesia telah mendapat kontrak lima tahun untuk menggelar MotoGP mulai 2021.

Dalam kalender sementara MotoGP 2021, MotoGP Indonesia di Mandalika masuk daftar reserve venue bersama tiga sirkuit lain. Artinya, ada perlakuan khusus sehingga memilih waktu balapan pada tahun depan.

Seperti diberitakan sebelumnya, jadwal MotoGP 2021 sudah dirilis. Sifatnya masih sementara (provisional), sehingga pelabelannya pun adalah: provisional 2021 MotoGP™ calendar.

Reporter: Antara
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait