Joe Biden Kenalkan Anggota Kabinet, Diisi Orang-orang Dekat Obama

Pingit Aria
25 November 2020, 17:04
Jonathan Ernst?? Presiden AS terpilih Joe Biden memberikan keterangan mengenai perawatan kesehatan dan Undang-Undang Perawatan Terjangkau (Obamacare) saat konferensi pers di sebuah tempat yang menjadi kantor pusat transisinya di Wilmington, Delaware, Ame
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/HP/dj
Jonathan Ernst?? Presiden AS terpilih Joe Biden memberikan keterangan mengenai perawatan kesehatan dan Undang-Undang Perawatan Terjangkau (Obamacare) saat konferensi pers di sebuah tempat yang menjadi kantor pusat transisinya di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Selasa (10/11/2020).

Presiden terpilih Amerika Serikat ( AS) Joe Biden mengumumkan nama-nama di pos krusial kabinetnya. Biden yang pernah menjabat wakil presiden menunjuk orang-orang lama dalam pemerintahan yang dulu disusunnya bersama Barack Obama.

Yang pertama adalah John Kerry. Mantan menteri luar negeri dalam kabinet Obama itu kini didapuk sebagai spesialis iklim. Dalam kabinet Biden-Harris, spesialis iklim merupakan jabatan setingkat menteri.

Advertisement

Kemudian ada eks penasihat kebijakan luar negeri Anthony Blinken yang akan menempati pos Menteri Luar Negeri.

Biden juga menominasikan orang Latin pertama, yaitu pengacara kelahiran Kuba bernama Alejandro Mayorkas, untuk memimpin Departemen Keamanan Dalam Negeri yang mengawasi imigrasi.

Pria 78 tahun itu menunjuk Avril Haines mantan wakil direktur CIA, sebagai direktur intelijen nasional. Seperti halnya Kamala Harris yang menjadi wakil presiden perempuan pertama di AS, Haines juga akan jadi wanita pertama yang menjabat direktur intelijen nasional.

Kemudian, Linda Thomas-Greenfield dicalonkan sebagai duta besar untuk PBB dengan status sebagai anggota kabinet.

Sementara itu, Jake Sullivan mendapat bagian sebagai penasihat keamanan nasional Gedung Putih. Sullivan merupakan asisten keamanan Biden saat dia menjadi wakil presiden.

Semuanya adalah senior di dua periode pemerintahan Obama-Biden 2009-2017.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement