Kantongi Izin Nadiem, Monash University Buka Kampus di Indonesia

Image title
30 November 2020, 15:05
Kesepakatan dagang Indonesia-Australia
123RF.com/Bram Janssens

Monash University akan menjadi universitas asing pertama yang buka di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemdikbud) telah memberi lampu hijau bagi Monash University Indonesia untuk mulai beroperasi pada 2021 mendatang. 

Rencananya, Monash University Indonesia akan fokus dalam pengembangan riset. Kampus dengan koneksi industri internasional ini akan menawarkan gelar master maupun PhD, serta program eksekutif.

Advertisement

Presiden Monash University Margaret Gardner AC menyatakan, pembukaan kampus bertaraf internasional di Indonesia merupakan bagian dari komitmen Monash dalam pengembangan jaringan riset global. Dari Australia, Monash saat ini telah memiliki fasilitas pengajaran di Italia, Malaysia, Tiongkok, juga India.

Menurutnya, kehadiran Monash di Indonesia akan memberi peluang bagi mahasiswa maupun tenaga pengajar, untuk berkolaborasi melakukan penelitian lintas negara dengan universitas lokal. “Hal ini penting dalam pengembangan ilmu khususnya teknologi digital, infatsruktur, desain, industri kreatif, kewirausahaan hingga kesehatan masyarakat,” kata Profesor Gardner yang juga menjabat Wakil Rektor, seperti yang dikutip dalam laman Monash.edu Senin, (30/11).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pun menyambut baik kehadiran Monash University di Indonesia. “Penguatan sistem pendidikan adalah prioritas bagi Indonesia dan kampus Monash akan mendukung upaya ini,” ujarnya.

Ia juga menyatakan bahwa kedatangan Monas University juga merupakan wujud eratnya kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Australia. Seperti diketahui, perjanjian ekonomi komprehensif antara kedua negara (IA-CEPA) juga menitikberatkan pada kolaboborasi di bidang Pendidikan dan pengembangan riset.

Berikut adalah Databoks universitas terbaik dunia:

Reporter: Annisa Rizky Fadila
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement