Jokowi Perhatikan Khusus Lonjakan Kasus Covid-19 di Jakarta dan Jateng

Rizky Alika
30 November 2020, 11:59
Sejumlah warga lereng Gunung Merapi mengikuti cara cuci tangan yang benar saat edukasi protokol kesehatan di Tempat Pengungsian Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (10/11/2020). Edukasi dengan mengajarkan cara mencuci tangan, menggunakan cairan
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/pras.
Warga lereng Gunung Merapi mengikuti cara cuci tangan yang benar saat edukasi protokol kesehatan di Tempat Pengungsian Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (10/11/2020).

Kasus aktif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Presiden Joko Widodo meminta para menteri memberikan perhatian khusus terhadap Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

"Ada dua provinsi yang menurut saya perlu perhatian khusus karena peningkatan dalam minggu ini, dalam dua-tiga hari ini peningkatannya sangat drastis, yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta," kata Jokowi dalam pembukaan rapat terbatas Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/11).

Advertisement

Jokowi mencatat, kasus aktif Covid-19 secara nasional pada 29 November 2020 meningkat 13,41% dalam sepekan terakhir. Peningkatannya lebih tinggi dibandingkan rata-rata pada pekan sebelumnya sebesar 12,78%.

Selain itu, tingkat kesembuhan virus corona sebesar 83,44%, menurun dibandingkan minggu sebelumnya sebesar 84,03%. Jokowi pun menilai kedua catatan tersebut memburuk. "Karena itu, kasus yang meningkat lebih banyak di minggu-minggu kemarin."

Karena itu, Jokowi meminta Menteri Dalam Negeri mengingatkan para gubernur, bupati, dan walikota untuk memegang penuh kendali Covid-19 dan perekonomian di wilayah masing-masing. Sebab, kepala daerah bertugas untuk melindungi keselamatan warga. "Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta kepastian dimulainya vaksinasi Covid-19. Selain itu, meminta bawahannya untuk memaparkan perkembangan perekonomian terkini.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengumumkan tambahan kasus positif Covid-19 Indonesia pada Minggu (29/11) mencapai 6.267 kasus baru. Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi tambahan kasus harian, sejak virus corona pertama kali dideteksi di Indonesia pada Maret 2020.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement