Istana Sebut Ada Upaya Sistematis Kelompok Bersenjata Teror Papua

Rizky Alika
1 Desember 2020, 19:48
BANGGA Papua
BANGGA Papua

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menilai ada kelompok bersenjata yang ingin mengganggu keamanan Papua. Hal ini membuat konflik separatis di Papua terus berlanjut.

"Ada upaya yang sistematis dari pihak kelompok bersenjata untuk menekan, meneror kepada masyarakat," kata Moeldoko di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/12).

Advertisement

Menurutnya, teror dilakukan agar masyarakat Papua tidak sejahtera. Sebab, bila masyarakat sejahtera, pengaruh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pada masyarakat akan menyempit.

Moeldoko menyebukan, masyarakat justru dikorbankan demi menekan kesejahteraannya. Beberapa contoh seperti diganggunya pembangunan jalan, pembakaran sekolah, dan lainnya. Aksi tersebut dilakukan lantaran KKB tidak ingin masyarakat berpihak kepada TNI-Polri.

Namun, pemerintah tidak tinggal diam melihat aksi tersebut. Ia menambahkan, pemerintah telah menerjunkan pasukan TNI-Polri guna memberikan perlindungan pada masyarakat.

Moeldoko juga memastikan, pemerintah mengutamakan pendekatan kesejahteraan dibandingkan pendekatan keamanan. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan sejumlah infrastruktur.

Tak hanya itu, pemerintah juga menerapkan kebijakan untuk kesejahteraan ekonomi rakyat, yaitu dengan BBM satu harga. Selain itu, pemerintah juga memberikan dukungan pada sektor kesehatan dan pendidikan di Papua.

Pada kesempatan tersebut, Moeldoko menjelaskan lima poin baru pembangunan Papua menuju Otonomi Khusus Papua. Pertama, tranformasi ekonomi berbasis kepada wilayah adat. "Itu sangat penting karena kita sangat menghormati kearifan lokal," ujar dia.

Berikut adalah Databoks alokasi dana pembangunan infrastruktur di Papua:

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement