Jokowi Mulai Siapkan Pengganti Edhy Prabowo dan Juliari Batubara

Rizky Alika
15 Desember 2020, 20:01
Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara (kedua kiri) dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo (kanan) berjalan usai melakukan pertemuan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (4/11/2019). Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas sinergi dalam
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara (kedua kiri) dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo (kanan) berjalan usai melakukan pertemuan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (4/11/2019). Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas sinergi dalam pemberantasan korupsi.

Presiden Joko Widodo mulai menyeleksi calon pengganti Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo serta Menteri Sosial Juliari Batubara yang menjadi tersangka kasus korupsi. Kantor Staf Presiden (KSP) pun meminta masyarakat bersabar untuk menunggu keputusan Jokowi.

"Sampai sekarang belum ada keputusan mengenai itu. Jadi bersabar saja, pasti memilih yang terbaik," kata Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (15/12).

Hingga saat ini, belum ada kepastian apakah menteri pengganti berasal dari kalangan partai politik atau pihak profesional. Selain itu, belum diketahui pasti apakah ada rencana perombakan kabinet (reshuffle) secara besar-besaran.

Donny hanya memastikan, Jokowi menyiapkan sosok pengganti pada dua kursi menteri tersebut. Ia juga menerima masukan dari berbagai pihak. "Tapi sekali lagi, keputusan merupakan hak prerogatif Presiden," ujar dia.

Ia menambahkan, ketiadaan menteri definitif pada dua jabatan tersebut tidak menggangu kinerja kabinet. Bahkan, penyerapan anggaran dua kementerian tersebut membaik meskipun ditangani oleh menteri ad interim.

Berikut Databoks yang menggambarkan opini masyarakat terkait isu reshuffle:

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...