Jokowi Pilih Tri Rismaharini, Jabatan Menteri Sosial tetap Jatah PDIP

Pingit Aria
22 Desember 2020, 19:12
FOTO ARSIP: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) memaparkan proses pembangunan Pasar Turi Surabaya saat rapat dengar pendapat dengan Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2016). Presiden Joko Wid
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/ama/wsj.
FOTO ARSIP: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) memaparkan proses pembangunan Pasar Turi Surabaya saat rapat dengar pendapat dengan Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2016). Presiden Joko Widodo menugaskan Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial.

Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan reshuffle kabinet pada hari ini. Ada enam Menteri baru yang diumumkan, di antaranya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Risma akan menjabat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang menjadi tersangka korupsi.

“Pelantikan Insya Allah akan dilakukan besok pagi,” kata Jokowi dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12).

Seperti Juliari, Risma merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Wanita kelahiran Kediri, 20 November 1961 ini telah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya selama dua periode atas dukungan Partai Banteng. Risma merupakan wanita pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah, yakni pada periode pertama 2010-2015 dan periode kedua 2015-2020.

Risma menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri Kediri dan lulus pada tahun 1973. Ia melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Surabaya dan lulus pada tahun 1976. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 5 Surabaya dan lulus pada tahun 1980.

KERJA BAKTI BERSAMA RISMA
KERJA BAKTI BERSAMA RISMA (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc.)

Risma melanjutkan pendidikan sarjana di jurusan Arsitektur, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan lulus pada tahun 1987. Kemudian, pendidikan pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang lulus pada tahun 2002.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...