Cegah Korupsi, Bansos Sembako di Jabodetabek Diganti Uang Tunai

Rizky Alika
29 Desember 2020, 19:55
Petugas Kemensos memberikan beras kepada warga penerima paket sembako bantuan pemerintah tahap lima kepada warga di Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (23/6/2020). Sebanyak 1.164 paket sembako diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu dan r
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Petugas Kemensos memberikan beras kepada warga penerima paket sembako bantuan pemerintah tahap lima kepada warga di Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (23/6/2020). Sebanyak 1.164 paket sembako diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu dan rentan miskin yang terkena dampak wabah COVID-19.

Presiden Joko Widodo meminta tidak ada lagi potongan pada bantuan sosial (bansos). Ia menginstruksikan para menteri untuk mencegah kejadian seperti pada penyaluran bansos  Covid-19 di Jabodetabek.

Seperti diketahui, Menteri Sosial Juliari Batubara ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dugaan praktik rente dalam penyaluran bansos. "Ini sudah saya ulang-ulang, jangan sampai ada potongan-potongan apapun," kata Jokowi dalam pembukaan Rapat Terbatas Persiapan Penyaluran Bansos Tahun 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/12).

Advertisement

Ia pun mengatakan, bansos sembako di Jabodetabek akan diganti menjadi Bantuan Sosial Tunai (BST). Bantuan ini akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero) atau melalui bank. Menurutnya, digitalisasi penyaluran bansos tersebut telah sesuai dengan harapan pemerintah.

Selain itu, mantan Wali Kota Solo itu juga berharap BST di Jabodetabek dapat segera disalurkan. Sebab, bantuan tersebut akan berdampak pada daya beli masyarakat dan konsumsi rumah tangga. "Yang kita ingin bisa menggerakkan permintaan," ujar dia.

Jokowi juga mengingatkan, data penerima manfaat tersebut perlu dipastikan sehingga bantuan dapat disalurkan secara tepat sasaran. Ia pun meminta jajarannya untuk melibatkan pemerintah daerah dalam melakukan perbaikan data.

Berikut adalah Databoks persepsi masyarakat terhadap korupsi:

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement