Vaksin Covid-19 Mulai Dikirim ke Jawa, Sumatera dan Kalimantan

Pingit Aria
4 Januari 2021, 10:07
Anggota Brimob berjaga di samping truk berisi vaksin COVID-19 Sinovac setibanya di UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Lampung, Senin (4/12/2020) malam. Sebanyak 40.520 ribu dosis vaksin COVID-19 Sinovac tiba di Lampung
ANTARA FOTO/Ardiansyah/hp.
Anggota Brimob berjaga di samping truk berisi vaksin COVID-19 Sinovac setibanya di UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Lampung, Senin (4/12/2020) malam. Sebanyak 40.520 ribu dosis vaksin COVID-19 Sinovac tiba di Lampung dan disimpan di raung khusus di UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung .

Pemerintah mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 ke berbagai daerah. Setelah izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terbit, vaksinasi tahap awal bagi tenaga kesehatan akan dilakukan bersamaan di seluruh wilayah Indonesia.

"Kami harapkan, sebelum rakyat Indonesia kembali masuk bekerja di bulan Januari, insyaallah vaksin sudah bisa kita distribusikan ke 34 provinsi untuk kita bisa mulai program vaksinasi bagi para tenaga kesehatan kita," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Kamis (31/12) lalu.

Advertisement

Selanjutnya, PT Biofarma mendistribusikan tiga juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac ke 34 provinsi di Indonesia pada hari Minggu ini untuk persiapan pelaksanaan program vaksinasi tahap pertama.

Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan pengiriman dosis terbanyak dengan masing-masing 77.760 dan 62.560, disusul dengan Lampung dengan 40.520, serta Sumatera Barat dengan 36.920 dosis vaksin.

Untuk Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten, vaksin Covid-19 ini diharapkan tiba pada hari ini, sedangkan untuk daerah lain ditargetkan tiba pada Selasa (5/1), kecuali Provinsi Sulawesi Barat yang dijadwalkan tiba paling lambat Kamis (7/1).

Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Biofarma Bambang Herianto menyatakan bahwa tidak ada kendala berarti dalam distribusi vaksin Covid-19 buatan Sinovac ke seluruh Indonesia. Sebab, sebelumnya pemerintah telah melakukan program vaksinasi lain.

"Ini bukan program vaksinasi pertama kali yang dilakukan di Indonesia. Banyak sekali program vakisnasi telah dilakukan selama ini dan itu berjalan baik," ujarnya.

Oleh karena itu Bambang menyebut pendistribusian vaksin Covid-19 ke 34 provinsi di seluruh Indonesia sudah disiapkan. Berbagai sarana mulai dari tempat penyimpanan, fasilitas pendingin dalam pengiriman, hingga ke fasilitas layanan kesehatan tempat pemberian vaksin telah tersedia.

Dia memastikan bahwa vaksin akan memenuhi persyaratan penyimpanan sesuai spesifikasi vaksin dalam proses rantai dingin pengiriman hingga penyimpanan yaitu dalam rentang suhu 2 hingga 8 derajat Celcius.

Berikut Databoks sebaran tenaga kesehatan penerima vaksin Covid-19 pada tahap awal:

Daerah yang Telah Terima Vaksin

Di Lampung, Vaksin Covid-19 yang tiba telah disimpan di Gudang Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alat Kesehatan (Alkes) Dinas Kesehatan di Jalan Dr Susilo Kota Bandarlampung. Namun, Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alat Kesehatan, Dinas Kesehatan Lampung, Aries Afiantono belum memastikan berapa jumlahnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement