Pendukung Trump Serbu Washington, Penetapan Kemenangan Biden Ditunda

Pingit Aria
7 Januari 2021, 07:35
Shannon Stapleton Seorang pendukung Presiden AS Donald Trump membawa bendera AS dalam aksi protes di gedung Capitol menjelang sertifikasi oleh Kongres AS atas hasil pemilu November 2020 di Washington, Amerika Serikat, Selasa (5/1/2021).
ANTARA FOTO/REUTERS/Shannon Stapleton/AWW/dj
Shannon Stapleton Seorang pendukung Presiden AS Donald Trump membawa bendera AS dalam aksi protes di gedung Capitol menjelang sertifikasi oleh Kongres AS atas hasil pemilu November 2020 di Washington, Amerika Serikat, Selasa (5/1/2021).

Pendukung Donald Trump berunjuk rasa di Ibu Kota Amerika Serikat, Washington. Mereka menyerbu Gedung Capitol hingga menyebabkan rapat pengesahan Joe Biden sebagai presiden dihentikan.

Sejumlah laporan CNN, Reuters hingga Washington Post menyebutkan bahwa sebagian dari para demonstran itu membawa senjata dan seorang perempuan tertembak.

Advertisement

Sebelumnya, Trump meminta Wakil Presiden Mike Pence yang memimpin rapat Sidang Kongres untuk menghentikan proses pengesahan Biden sebagai presiden. “Jika Wakil Presiden Pence melakukannya, kita akan memenangkan pemilu,” cuit Trump melalui akun Twitternya, Rabu (6/1).

Namun, Pence menolak perintah itu karena tugasnya dalam sidang Kongres sebatas administratif. Pence bahkan meminta para pendukung Trump untuk meninggalkan Gedung Capitol dan menghentikan kekerasan. "Serangan terhadap Capitol kita tak akan dibiarkan dan mereka yang terlibat akan ditindak sesuai dengan hukum," kata Pence, juga melalui Twitter.

Pengesahan hasil pemilu di Kongres ini merupakan tahapan akhir sebelum Biden dan wakilnya Kamala Harris dilantik pada 20 Januari 2021.

Bagaimanapun, karena Gedung Capitol sempat diduduki demonstran, para anggota senat dan DPR harus dievakuasi. Mereka diminta berlindung serta mengenakan masker gas air mata. Rapat pengesahan pun ditunda.

Tanggapan Biden

Kericuhan baru berangsur mereka menjelang jam malam yang ditetapkan di Washington mulai pukul 18:00 (Kamis pukul 06:00 WIB). Sejumlah pejabat AS mengatakan Gedung Capitol sudah diamankan.

Presiden terpilih Joe Biden dalam pidatonya dari Wilmington, Delaware, mengungkapkan kekecewaan. Ia menyerukan kepada pendukung Trump untuk mundur dan membuka jalan demokrasi.

"Ini bukan protes, ini pemberontakan," kata Biden. Ia pun meminta Donald Trump untuk berbicara di televisi, menenangkan pendukungnya dan meminta mereka mengakhiri pengepungan ini. “Cukup sudah," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement