Trump Mengakui Kekalahan Setelah Kongres Tetapkan Kemenangan Biden

Pingit Aria
8 Januari 2021, 10:02
Marco Bello Presiden Amerika Serikat Donald Trump bermain golf di Trump International Golf Club di West Palm Beach, Florida, Amerika Serikat, Rabu (30/12/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Marco Bello/aww/cf
Marco Bello Presiden Amerika Serikat Donald Trump bermain golf di Trump International Golf Club di West Palm Beach, Florida, Amerika Serikat, Rabu (30/12/2020).

Kongres Amerika Serikat (AS) akhirnya mengesahkan kemenangan  Presiden terpilih Joe Biden. Presiden Donald Trump akhirnya mengakui kekalahannya untuk pertama kalinya pada hari Kamis (7/1) malam atau Jumat (8/1) pagi WIB.

Trump, yang hingga Kamis pagi masih mengklaim suara pemilu telah dicuri darinya, akhirnya menyerah. Dalam pernyataan resmi melalui video, ia mengatakan bahwa, "Menjabat sebagai presiden telah menjadi kehormatan seumur hidup saya.”

Advertisement

Trump juga mengutuk kericuhan yang disebabkan oleh pendukungnya. Menurutnya, perusuh telah mencemari kursi demokrasi AS. Dia mengatakan, fokusnya sekarang akan beralih ke memastikan transisi kekuasaan berjalan lancar.

"Sekarang, Kongres telah mensertifikasi hasil. Pemerintahan baru akan dilantik pada 20 Januari. Fokus saya sekarang beralih ke memastikan transisi kekuasaan yang mulus, tertib, dan tanpa hambatan," kata Trump dalam pernyataan video, setelah akunnya sempat dibekukan selama 12 jam oleh Twitter.

Penetapan Kemenangan Biden

Sebelumnya, sidang penetapan kemenangan Biden sempat tertunda karena penyerbuan pendukung Presiden Donald Trump ke Gedung Capitol. Kemenangan pasangan Joe Biden-Kamala Harris disahkan berdasarkan pemungutan suara  Electoral College alias Dewan Elektoral.

Biden berhasil memperoleh 306 electoral votes atau suara electoral. Sementara itu, calon presiden (capres) petahana dari Partai Republik Donald Trump hanya meraup 232 suara elektoral.

Berikut adalah Databoks pemilih Joe Biden menurut kelompok usia:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement