Bandara dan Stasiun Kereta Akan Sediakan Tempat Jualan Produk UMKM

Rizky Alika
11 Januari 2021, 16:58
Pengunjung mengamati produk kerajinan UMKM saat Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (11/1/2021). Gerakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan sektor UMKM dengan mendor
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Pengunjung mengamati produk kerajinan UMKM saat Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (11/1/2021). Gerakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan sektor UMKM dengan mendorong masyarakat untuk membeli produk buatan dalam negeri.

Pemerintah terus mendorong produk buatan dalam negeri. Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), bandara dan stasiun kereta akan menyediakan tempat untuk berjualan produk UMKM.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang ditunjuk sebagai koordinator kampanye Gernas BBI untuk Januari 2021 mengatakan, Indonesia memiliki 270 juta penduduk. Jumlah penduduk tersebut merupakan potensi pasar yang besar bagi produk-produk dalam negeri.

Advertisement

"Kami mendorong national branding produk lokal yang telah dikurasi untuk menjadi UMKM Top Brand,” kata Budi dalam Peluncuran Gernas BBI yang disiarkan secara virtual, Senin (11/1).

Dukungan yang diberikan sektor transportasi untuk Gernas BBI di antaranya, pemberian fasilitas area komersil produk UMKM di simpul-simpul transportasi publik, seperti di terminal, stasiun kereta, bandara, dan pelabuhan. Selain itu, logo BBI akan dipasang pada sarana transportasi publik seperti bus, kereta api, kapal, dan pesawat.

Kemenhub bersama BUMN di sektor transportasi menggelar kampanye di empat lokasi yaitu di Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo mulai hari ini.

Selanjutnya pada 17 Januari 2021, kampanye akan digelar di Stasiun Gambir Jakarta. Produk-produk dalam negeri yang akan dipamerkan di Gambir ialah produk sektor transportasi seperti sepeda dan motor listrik.

Saat ini, fasilitas area komersil bagi UMKM dalam negeri sudah tersedia di sejumlah simpul transportasi , dia ntaranya di bandara-bandara Jakarta, Bali (dengan display Peken Tenten), Yogyakarta (Pasar Kota Gede) , Semarang, Solo, Surabaya (Pasar Suramadu), Lombok, Manado, Kupang (Pasar Katemak), Banjarmasin (Pasar Terapung), Balikpapan, Makassar, dan Jayapura.

Untuk stasiun kereta api, display area UMKM tersedia di Jakarta, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Sementara untuk di pelabuhan ada di Pelabuhan Merak.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement