Bandara dan Stasiun Kereta Akan Sediakan Tempat Jualan Produk UMKM

Pada tahap awal, Bandara Ngurah Rai, Bandara Soekarno Hatta, dan Bandara Internasional Yogyakarta akan menyediakan area komersil bagi produk UMKM.
Image title
11 Januari 2021, 16:58
Pengunjung mengamati produk kerajinan UMKM saat Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (11/1/2021). Gerakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan sektor UMKM dengan mendor
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Pengunjung mengamati produk kerajinan UMKM saat Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (11/1/2021). Gerakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan sektor UMKM dengan mendorong masyarakat untuk membeli produk buatan dalam negeri.

Pemerintah terus mendorong produk buatan dalam negeri. Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), bandara dan stasiun kereta akan menyediakan tempat untuk berjualan produk UMKM.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang ditunjuk sebagai koordinator kampanye Gernas BBI untuk Januari 2021 mengatakan, Indonesia memiliki 270 juta penduduk. Jumlah penduduk tersebut merupakan potensi pasar yang besar bagi produk-produk dalam negeri.

"Kami mendorong national branding produk lokal yang telah dikurasi untuk menjadi UMKM Top Brand,” kata Budi dalam Peluncuran Gernas BBI yang disiarkan secara virtual, Senin (11/1).

Dukungan yang diberikan sektor transportasi untuk Gernas BBI di antaranya, pemberian fasilitas area komersil produk UMKM di simpul-simpul transportasi publik, seperti di terminal, stasiun kereta, bandara, dan pelabuhan. Selain itu, logo BBI akan dipasang pada sarana transportasi publik seperti bus, kereta api, kapal, dan pesawat.

Kemenhub bersama BUMN di sektor transportasi menggelar kampanye di empat lokasi yaitu di Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo mulai hari ini.

Selanjutnya pada 17 Januari 2021, kampanye akan digelar di Stasiun Gambir Jakarta. Produk-produk dalam negeri yang akan dipamerkan di Gambir ialah produk sektor transportasi seperti sepeda dan motor listrik.

Saat ini, fasilitas area komersil bagi UMKM dalam negeri sudah tersedia di sejumlah simpul transportasi , dia ntaranya di bandara-bandara Jakarta, Bali (dengan display Peken Tenten), Yogyakarta (Pasar Kota Gede) , Semarang, Solo, Surabaya (Pasar Suramadu), Lombok, Manado, Kupang (Pasar Katemak), Banjarmasin (Pasar Terapung), Balikpapan, Makassar, dan Jayapura.

Untuk stasiun kereta api, display area UMKM tersedia di Jakarta, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Sementara untuk di pelabuhan ada di Pelabuhan Merak.

Gernas BBI akan dikampanyekan sepanjang 2021. Gelaran acara ini bertujuan untuk memperkuat industri dalam negeri dengan cara memperbaiki ekosistem berusaha bagi pelaku industri kreatif, menciptakan peluang bagi industri dalam negeri dan memunculkan potensi-potensi ragam kreasi khas Indonesia yang lebih kaya.

Ajakan Luhut

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak para pejabat untuk menjadi duta merek dari produk lokal. Untuk itu, mereka diminta menggunakan produk-produk dalam negeri tiap tampil di depan publik.

"Para pejabat kami imbau dan dorong menjadi brand amassador produk lokal kita," kata Luhut pada kesempatan yang sama.

Ia menyatakan, banyak produk Indonesia yang memiliki kualitas baik. Keluarganya pun banyak memakai produk-produk dalam negeri. "Kalau liat rumah saya, produk makanan apa itu, hampir semua beli dalam produk negeri," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Luhut juga mendukung peluncuran Gernas BBI di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Ia mencatat Gernas BBI telah berhasil meraih pencapaian total UMKM onboarding yang mulai berjualan secara online sebanyak 3.7 juta unit.

"Ini hanyalah permulaan, kami akan terus mendukung Gernas BBI hingga mencapai total 30 juta UMKM onboarding," ujar dia.

 

Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait