DPR Bersiap Uji Kelayakan Calon Kapolri, Nama Jenderal Listyo Menguat

Pingit Aria
13 Januari 2021, 11:18
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha transparan dan akan melibatkan pihak-pihak ek
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha transparan dan akan melibatkan pihak-pihak eksternal dalam mengusut kasus penembakan laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek Km 50.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tengah bersiap menggelar sidang uji kelayakan bagi calon Kapolri. Nama Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo menguat.

Persiapan uji kelayakan kapolri itu telah dirapatkan secara internal di Komisi III DPR. “Yang harus kami lakukan persiapan sesuai tugas pokok dan fungsi kami adalah mempersiapkan konsep-konsep dan jadwal uji kepatutan dan kelayakan,” kata Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery, Selasa (12/1).

Herman berharap Presiden Joko Widodo dapat segera menyerahkan surat penunjukan Kapolri ke DPR. Sebab, masa sidang kali ini hanya 29 hari. Selain itu, Kapolri Jenderal Idham Azis segera memasuki masa pensiun.

"Dalam rancangan kami, kami berharap kalau bisa dalam minggu ini, surat masuk, kemudian dibawa ke Badan Musyawarah (Bamus) dan segera dari Bamus ada penugasan kepada Komisi III," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Setelah ada penugasan kepada Komisi III DPR RI, Komisi III DPR RI akan mulai mengundang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan untuk menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid cukup optimis Presiden Jokowi akan mengirim surat penunjukan Kapolri kepada DPR pada hari ini.

Perkiraannya, Jokowi hanya akan mengusulkan satu nama kepada DPR. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...