Kebut Infrastruktur, Kementerian PUPR Teken Ribuan Kontrak

Rizky Alika
15 Januari 2021, 14:40
Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta pada hari ini (28/8).
instagram/@sekretariat.kabinet
Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta pada hari ini (28/8).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hari ini menandatangani 982 paket kontrak dengan nilai Rp 12,5 triliun. Presiden Joko Widodo menyaksikan penandatanganan ratusan kontrak proyek yang diselenggarakan serentak dari berbagai daerah tersebut secara virtual.

Dalam kesempatan itu, Jokowi turut mengapresiasi kinerja PUPR yang melakukan percepatan lelang atau seleksi dini proyek infrastruktur tahun anggaran 2021 sejak Oktober 2020. Hingga 15 Januari, ada 1.191 paket senilai Rp 14,6 triliun yang telah selesai lelang.

Advertisement

Jokowi pun meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mempercepat lelang proyek infrastruktur tersebut lantaran masih banyak paket tersisa. "Saya catat sisa paket kegiatan infrastruktur yang belum ditenderkan masih cukup banyak. Karena itu saya minta Menteri PUPR agar dilakukan percepatan," kata Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (15/1).

Jokowi pun berharap, seluruh paket infrastruktur tahun ini sudah dilelang dan ditandatangani pada triwulan I. Percepatan ini dinilai penting untuk menggerakkan ekonomi nasional.

"Kita harus sadar masih krisis. Semangat harus beda, harus pindah ke channel extraordinary," ujar Jokowi.

Oleh karena itu, sektor padat karya diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat, terutama dalam menyediakan lapangan kerja.

Sektor konstruksi diperkirakan dapat memberikan efek berganda pada rantai pasok sektor konstruksi, yaitu dapat meningkatkan permintaan baja, semen, dan alat berat. Kemudian, bisa menggerakkan pekerjaan pada sektor informal, seperti pekerja konstruksi, pedagang makanan dan minuman hingga penyewaan kos.

Mantan Walikota Solo itu mengatakan, kecepatan menjadi kunci dalam bekerja saat pandemi. Sebab, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement