Komjen Listyo Calon Kapolri, Bagaimana Persepsi Publik pada Bareskrim?

Rizky Alika
15 Januari 2021, 20:35
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha transparan dan akan melibatkan pihak
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha transparan dan akan melibatkan pihak-pihak eksternal dalam mengusut kasus penembakan laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek Km 50.

Presiden Joko Widodo mengajukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Surat pencalonan Listyo telah diterima oleh Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rabu (13/1).

Komjen Listyo saat ini menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal atau Kabareskrim. Bagaimana persepsi publik terhadap lembaga ini? Survei MarkPlus Inc menunjukkan, persepsi publik pada Bareskrim lebih rendah dibandingkan dengan kepuasan pengguna layanannya.

MarkPlus menilai, masyarakat yang pernah memiliki pengalaman melakukan pengaduan atau layanan dari penegak hukum di Indonesia memiliki perspektif berbeda dibandingkan dengan yang belum pernah merasakannya. Hal ini pun tercermin dari perbedaan hasil survei kepuasan pengguna dan persepsi publik.

Nilai rata-rata kepuasan pengguna layanan Bareskrim terhadap pelayanan, sumber daya manusia, dan sarana/prasarana pelayanan sebesar 4,85 atau cukup baik. Sedangkan nilai rata-rata persepsi publik terhadap kinerja, budaya, dan komunikasi terkait penindakan kriminal mencapai 3,75.

"Ada gap antara yang riil mengenai kepuasan layanan Bareskrim dengan persepsi. Jadi aksi Bareskrim on track. Tapi persepsi masih di bawah realita," kata Deputi Chairman MarkPlus, Inc. Jacky Mussry dalam konferensi pers, Jumat (15/1).

Adapun, survei kepuasan pengguna layanan Bareskrim dilakukan kepada 351 responden lintas usia di seluruh Indonesia. Responden tersebut pernah menerima layanan Bareskrim dalam kurun waktu 2018 hingga 2020. Survei ini menggunakan metode Computer Assisted Telephone Interview (CATI) untuk kepuasan pengguna layanan dengan margin of error sebesar 5,23%

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...