Brasil Tolak Permintaan Penggunaan Darurat Vaksin Sputnik V Rusia

Pingit Aria
17 Januari 2021, 17:20
Maxim Shemetov Kotak berisi botol dengan vaksi Sputnik V (Gam-COVID-Vac) saat vaksinasi melawan virus corona (COVID-19) di sebuah klinik di kota Domodedovo dekat Moskow, Rusia, Kamis (3/12/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Maxim Shemetov/AWW/dj
Maxim Shemetov Kotak berisi botol dengan vaksi Sputnik V (Gam-COVID-Vac) saat vaksinasi melawan virus corona (COVID-19) di sebuah klinik di kota Domodedovo dekat Moskow, Rusia, Kamis (3/12/2020).

Regulator kesehatan Brasil, Anvisa menolak permohonaan izin penggunaan darurat vaksin virus corona Sputnik V buatan Rusia. Sebelumnya, permohonan izin itu diajukan oleh perusahaan farmasi Uniao Quimica.

Uniao Quimica semula meminta persetujuan untuk penggunaan 10 juta dosis Sputnik V di Brasil pada kuartal pertama tahun ini.

Advertisement

Dalam sebuah pernyataan di laman daring Kementerian Kesehatan, Anvisa menyebut bahwa perusahaan itu gagal memberikan jaminan yang cukup meyakinkan atas uji klinis fase ke-III dan sejumlah isu terkait produsen vaksin Sputnik V.

Para pejabat Anvisa telah mengatakan bahwa vaksin Sputnik V akan diwajibkan untuk melalui fase ke-III uji klinis di Brasil sebelum penggunaannya dapat diotorisasi.

Dalam pernyataannya, Anvisa juga mengatakan bahwa siapaun yang mengajukan izin penggunaan darurat harus menunjukkan uji klinis vaksin yang tengah berlangsung akan membawa keamanan dan kemanjuran jangka panjang.

Anvisa diperkirakan akan memutuskan untuk mengotorisasi penggunaan darurat vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac dari Tiongkok dan AstraZeneca dari Inggris pada hari Minggu.

HEALTH-CORONAVIRUS/BRAZIL-NEWYEAR
HEALTH-CORONAVIRUS/BRAZIL-NEWYEAR (ANTARA FOTO/REUTERS/Amanda Perobelli/pras/cf)

Kasus Tertinggi Ketiga

Brasil mengalami penambahan 69.198 kasus dan 1.151 kematian akibat Covid-19 dalam sehari pada Jumat (15/1). Hari itu menjadi hari keempat berturut-turut jumlah kematian berada di atas 1.000, menurut Kementerian Kesehatan.

Negara Amerika Selatan itu mengonfimasi total 8.390.341 kasus Covid-19 sejak pandemi mewabah, dengan total kematian mencapai 208.133.

Brasil mengalami wabah Covid-19 terparah ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan India.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement