Thailand Izinkan Sambiloto sebagai Obat Herbal Covid-19

Pingit Aria
19 Januari 2021, 15:42
Athit Perawongmetha Siswa sekolah Sam Khok memakai masker dan pelindung wajah terlihat di dalam kotak suara yang difungsikan kembali sebagai partisi dalam kelas saat kegiatan belajar i kembali dimulai di seluruh negeri setelah pemerintah melonggark
ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha/foc/dj
Athit Perawongmetha Siswa sekolah Sam Khok memakai masker dan pelindung wajah terlihat di dalam kotak suara yang difungsikan kembali sebagai partisi dalam kelas saat kegiatan belajar i kembali dimulai di seluruh negeri setelah pemerintah melonggarkan aturan isolasi dan menerapkan jarak sosial untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19), di provinsi Pathum Thani, Thailand, Rabu (1/7/2020).

Pemerintah Thailand memberikan izin penggunaan darurat ekstrak Andrographis paniculate sebagai obat herbal untuk penderita Covid-19. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai sambiloto.

Kementerian Kesehatan Thailand menyatakan, ekstrak sambiloto akan digunakan sebagai obat alternatif untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Obat herbal produksi lokal ini juga diharapkan dapat mengurangi biaya perawatan pasien Covid-19.

Advertisement

Dikutip dari The Straits Times, akan ada lima rumah sakit pemerintah yang akan menggunakan ekstrak sambiloto sebagai bagian dari perawatan Covid-19.

Di Thailand, sambiloto jamak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai infeksi, termasuk demam dan pilek. Di Indonesia tanaman ini juga digunakan sebagai jamu tradisional yang diyakini memiliki segudang manfaat.

Menyadur Asia One, fase pertama uji coba penggunaan sambiloto untuk pasien Covid-19 di Thailand telah dilakukan sejak Juni 2020 lalu. Uji coba tersebut berfokus pada keamanan, aktivitas disinfektan, dan mengurangi pembelahan sel virus.

Pasien yang menerima pengobatan sambiloto adalah mereka yang terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan yang bertahan tidak lebih dari 72 jam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement