Jokowi hingga Raffi Ahmad Terima Vaksin Covid-19 Suntikan Kedua

Rizky Alika
27 Januari 2021, 10:10
Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, Rabu (13/1/2021).
Katadata
Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, Rabu (13/1/2021).

Presiden Joko Widodo menerima suntikan vaksin Covid-19 kedua di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1) pukul 08.30 WIB. Ia memperkirakan efek samping yang dirasakan setelah penyuntikan hanya pegal-pegal, seperti yang terjadi pada vaksinasi dosis pertama.

"Kalau dulu setelah dua jam hanya pegal-pegal, sekarang saya kira juga sama saja. Saya juga aktivitas ke mana-mana," kata Jokowi usai menerima vaksin dosis kedua, Jakarta, Rabu (27/1).

Advertisement

Jokowi pun memastikan bahwa ia tidak merasakan apapun saat proses penyuntikan.

Sebagaimana diketahui, vaksinasi Covid-19 perlu dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak 14 hari. Vakinasi pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal.

Setelah itu, vaksinasi kedua dilanjutkan setelah 14 hari kemudian. Hal ini bertujuan untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.

Dengan demikian, pemberian dua dosis suntikan akan memicu respons antibodi yang lebih optimal dan efektif. Adapun, antibodi baru akan optimal 14-28 hari setelah suntikan kedua. Karena itu, penerima vaksin tetap wajib menjalankan protokol kesehatan setelah penyuntikan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement