Jokowi: Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum Bisa Lebih Cepat

Rizky Alika
27 Januari 2021, 10:57
Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, Rabu (13/1/2021).
Agus Suparto
Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, Rabu (13/1/2021).

Pemerintah terus berupaya agar program vaksinasi Covid-19 dapat berjalan dengan cepat. Presiden Joko Widodo pun memperkirakan, pemberian vaksin virus corona kepada masyarakat dapat mulai dilakukan pada pertengahan Februari 2021, lebih cepat dari rencana semula.

Vaksinasi tersebut akan dilakukan berdasarkan skala prioritas penerima. Pertama, vaksin diberikan kepada petugas kesehatan, seperti dokter, perawat, apoteker, hingga asisten tenaga kesehatan.

Selanjutnya, vaksin akan dilakukan untuk petugas publik, seperti TNI, Polri, dan pelayan publik. Selanjutnya, masyarakat akan diberikan vaksin pada pertengahan Februari.

"Masyarakat nanti berbarengan. Saya kira di bulan Februari, pertengahan sudah bisa masuk ke sana," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (27/1).

Jokowi pun mengakui proses vaksinasi di awal membutuhkan perbaikan manajemen di lapangan. Sebab, hingga hari ini jumlah penerima vaksin baru mencapai 250 ribu tenaga kesehatan.

Bagaimanapun, ia mengapresiasi terjadinya kenaikan angka vaksinasi bagi tenaga kesehatan dalam dua hari terakhir. "Sehari-dua hari ini melonjaknya cukup tajam. Sehari bisa suntik ke 50 ribu orang," kata Mantan Walikota Solo itu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...