Listyo Sigit Prabowo Resmi Jabat Kapolri, Akhiri Era Tilang di Jalan

Rizky Alika
27 Januari 2021, 11:40
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan) disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin (kiri) dan Sufmi Dasco Ahmad (kanan) memberi hormat usai sidang paripurna di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (21
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan) disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin (kiri) dan Sufmi Dasco Ahmad (kanan) memberi hormat usai sidang paripurna di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (21/1/2021). DPR menyepakati penetapan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR.

Presiden Joko Widodo melantik Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1). Listyo menggantikan posisi Jendral Idham Aziz yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan lulusan Akademi Polisi 1991 itu berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI. Saat prosesi pelantikan, Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh Listyo. Sumpah jabatan dilakukan berdasarkan agama Kristen.

Advertisement

"Demi Tuhan Yang Maha Esa, menyatakan dan janji bersungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945," kata Listyo, mengikuti ucapan yang dibacakan oleh Jokowi.

Ia juga bersumpah akan menjalankan tugas jabatan dan menjunjung tinggi etika jabatannya dengan bekerja sebaik-baiknya. Selain itu, Listyo berjanji akan menjunjung tinggi Tribrata.

Pada kesempatan itu, Listyo juga dinaikan satu pangkat menjadi Jenderal. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi Polri.

Listyo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh Jokowi kepada DPR. Dalam uji kelayakan yang digelar pekan lalu, Listyo mendapat lampu hijau dari semua fraksi.

 

Usai pelantikan, Listyo memastikan ia akan menampilkan Polri yang tegas, namun tetap humanis. Selain itu, Listyo memastikan Korps Bhayangkara bisa memberikan pelayanan yang baik.

"Bagaimana menampilkan Polri mampu memberikan pelayanan yang baik, transparan, dan berikan penegakan hukum berkeadilan," ujarnya.

Sebelumnya, polisi dianggap sebagai pihak yang paling sering melanggar kebebasan berekspresi. Simak Databooks berikut: 

Oleh karena itu, Listyo akan menjalankan rencananya untuk transformasi di 4 bidang dan melaksanakan 16 program prioritas. Keseluruhan program prioritas tersebut akan dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu 100 hari pertama sejak ia dilantik sebagai Kapolri, pada 2021-2022, dan 2023-2024.

Selain itu, pihaknya akan menegakkan kedisplinan protokol kesehatan untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Di sisi lain, Polri juga akan membantu proses pemulihan ekonomi nasional. "Sehingga kita terlepas dari situasi yang ada dan ekonomi kembali betumbuh," ucap Listyo.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement