Jokowi Resmikan Bendungan Tapin, Bisa Mengairi 5 Ribu Hektare Sawah

Rizky Alika
18 Februari 2021, 12:29
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalsel, Kamis (18/02/2021).
Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalsel, Kamis (18/02/2021).

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tapin di Tapin, Kalimantan Selatan pada Kamis (18/2). Jokowi mengatakan, bendungan tersebut memiliki kapasitas tampung 56,77 meter kubik sehingga bisa mencegah terjadinya banjir.

"Perannya sangat penting dalam pengendalian banjir dan juga perkuat ketahanan pangan," kata Jokowi saat peresmian Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (18/2).

Advertisement

Bendungan tersebut dapat memenuhi layanan irigasi untuk 5.472 hektare. Kemudian, bendungan dapat menyediakan air baku sebesar 0,50 meter kubik per detik, menjadi pembangkit tenaga listrik sebesar 3,3 megawatt.

Adapun, kemampuan reduksi banjir mencapai 60% dari debit air dengan periode ulang 1.000 tahun atau 172 meter kubik per detik. Jokowi pun menyampaikan, banjir di Tapin bisa berkurang dengan sangat drastis.

Padahal, beberapa waktu lalu, banjir di Kalimantan Selatan mencakup area yang sangat luas, kurang lebih melanda di 10 kabupaten/kota. Oleh karena itu, perlu penanganan secara komprehensif dari hulu hingga ke hilir.

Ia pun meminta gubernur dan bupati untuk melakukan intervensi dengan merehabilitasi lahan untuk mencegah banjir di masa mendatang. " Penghutanan kembali, penanaman kembali di lahan-lahan terutama terkait daerah aliran sungai perlu segera dilakukan secara besar-besaran," ujar dia.

PULUHAN RIBU HEKTARE LAHAN SAWAH TERDAMPAK BANJIR
PULUHAN RIBU HEKTARE LAHAN SAWAH TERDAMPAK BANJIR (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.)

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menanyakan warga yang terdampak relokasi seiring dengan pembangunan bendungan. Warga pun memastikan, ia telah mendapatkan biaya ganti rugi sehingga bisa membangun rumah di area lain.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement