Jokowi Usulkan 31 Calon Dubes, dari Terawan hingga Ketua Kadin

Pingit Aria
19 Februari 2021, 19:29
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberi salam saat mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/12/2020). Rapat tersebut membahas persiapan vaksinasi COVID-19 dan sumber pembiayaannya serta re
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberi salam saat mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/12/2020). Rapat tersebut membahas persiapan vaksinasi COVID-19 dan sumber pembiayaannya serta regulasi pendukung program vaksinasi nasional.

Presiden Jokowi telah mengirimkan surat berisi 31 nama calon duta besar yang diusulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ada nama mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto hingga Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani.  

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, surat tersebut telah diterimanya. "Sudah diterima minggu lalu,” katanya, Jumat (19/2).

Sebenarnya ada 32 nama yang diusulkan. Di antaranya, satu merupakan pejabat lama yang diperpanjang masa tugasnya, yakni Duta Besar Uni Emirat Arab, dan 31 lainnya merupakan nama baru. Namun, Sufmi enggan menyebutkannya. “Saya tidak hafal,” katanya.

Bagaimanapun, dari daftar yang beredar di kalangan wartawan, ada nama mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang dicalonkan sebagai Duta Besar Spanyol.

RDP PERSIAPAN VAKSINASI COVID-19
RDP PERSIAPAN VAKSINASI COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.)

Sedangkan Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani diusulkan sebagai calon Duta Besar untuk Amerika Serikat yang berkedudukan di Washington. Jika benar, Rosan akan menggantikan posisi Muhammad Lutfi yang kini menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Baik Terawan maupun Rosan tidak bersedia mengkonfirmasi kabar ini.

Berikut daftar nama 28 calon duta besar baru dan 3 perutusan tetap yang beredar di kalangan wartawan:

1. Spanyol: Terawan Agus Putranto

2. Amerika Serikat: Rosan P Roeslani

3. Kroasia: Suwartini Wirta

4. Austria: Damos D. Agusman

5. Australia: Siswo Pramono

6. Kanada: D. Tumpal Simanjuntak

7. Italia: M Prakosa

8. India: Ina Krisnamurthi

9. Yunani: Bebeb A. K. N. Djundjunan

10. Polandia: Anita Luhulima

11. Slovakia: Pribadi Sutiono

12. Timor Leste: Okto D. Manik

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...