Penjelasan KPK dan Satgas Soal Tahanan Korupsi dapat Vaksin Covid-19

Pingit Aria
26 Februari 2021, 10:26
Mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/12/2020). Berstatus tahanan KPK dalam kasus suap pengadaan Bantuan Sosial (bansos), Juliari telah menerima vaksin Covid-19.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/12/2020). Berstatus tahanan KPK dalam kasus suap pengadaan Bantuan Sosial (bansos), Juliari telah menerima vaksin Covid-19.

Sebanyak 39 tahanan dari 61 tahanan KPK sudah disuntik vaksin Covid-19. Di antara tahanan yang menerima vaksin itu ada mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara yang terjerat kasus korupsi paket sembako bansos Covid-19.

Sementara itu, 22 tahanan lainnya belum disuntik vaksin karena alasan kesehatan.

Advertisement

Komisi antirasuah memulai program vaksinasi Covid-19 sejak 18 Februari hingga 23 Februari 2021. Pada hari pertama penyuntikan diperuntukan untuk jajaran di Kedeputian Penindakan dan Eksekusi, Kedeputian Koordinasi dan Supervisi, Dewan Pengawas, dan Sekretariat Dewan Pengawas.

Selain itu, program vaksinasi Covid-19 ini juga menyasar pegawai, jurnalis, dan pihak eksternal, termasuk pedagang kantin di KPK. "Vaksinasi covid-19 tersebut dilakukan terhadap seluruh pegawai KPK dan pihak-pihak terkait lainnya yang berada di lingkungan KPK," kata Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Kamis (25/2).

Menurutnya, KPK sebagai suatu entitas organisasi terdiri atas pegawai dan pihak lain yang saling berinteraksi. Maka, penyuntikan vaksin Covid-19 kepada para pihak yang berada di lingkungan KPK merupakan salah satu cara mencegah penyebaran virus corona.

"Dalam kaitan pencegahan penyebaran covid-19 secara berkelanjutan, diperlukan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di lingkungan KPK," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement