Studi: Penderita Demensia Lebih Berisiko Terpapar Covid-19

Andrea Lidwina
26 Februari 2021, 16:43
Penghuni panti jompo Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang menggunakan masker yang didistribusikan oleh pemerintah di Banda Aceh, Aceh, Jumat (1/5/2020). Penderita demensia, termasuk mereka yang tinggal di panti jompo berisiko tertular Covid-19.
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/wsj.
Penghuni panti jompo Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang menggunakan masker yang didistribusikan oleh pemerintah di Banda Aceh, Aceh, Jumat (1/5/2020). Penderita demensia, termasuk mereka yang tinggal di panti jompo berisiko tertular Covid-19.

Penderita demensia berisiko lebih tinggi tertular virus corona. Selain itu, pasien demensia juga cenderung mengalami gejala yang lebih berat jika terinveksi Covid-19.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil studi Case Western Reserve University di Ohio, Amerika Serikat. Para peneliti meninjau catatan kesehatan dari 61,9 juta orang dewasa di AS dan menemukan bahwa penderita demensia memiliki risiko tertular Covid-19 dua kali lebih tinggi dibanding masyarakat pada umumnya.

Advertisement

Demensia merupakan penyakit penurunan fungsi otak yang memengaruhi daya ingat dan memori, lantas menyebabkan perubahan perilaku pada penderitanya. Penyakit ini umumnya menyerang lansia atau yang berusia 65 tahun ke atas, tetapi ditemukan juga beberapa kasus pada usia di bawah 60 tahun.

Dikutip Forbes, orang dengan demensia memiliki risiko lebih tinggi tertular virus corona karena mereka cenderung melupakan protokol kesehatan. Dengan penurunan daya ingat membuat mereka kesulitan untuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Padahal, Gerakan 3M itu penting untuk mencegah penularan virus corona.

Untuk mengatasinya, anggota keluarga atau perawat ODD perlu mencontohkan protokol tersebut secara langsung dan melakukannya bersama dengan penderita demensia. “Ini berkaitan dengan perilaku. Misalnya, ketika mau makan, ada caregiver yang menerapkan cuci tangan bareng sehingga membuat ODD terbiasa dengan pola itu,” kata Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia Michael Dirk Maitimoe dalam webinar ‘Orang dengan Dementia Rentan Terpapar Covid-19 yang ditayangkan melalui kanal digital Katadata.co.id pada Jumat (26/2).

Temuan lain yang dipublikasikan oleh Alzheimer's & Dementia: The Journal of Alzheimer's Association itu adalah bahwa para pasien demensia yang terinveksi Covid-19 cenderung mengalami gejala yang lebih berat. Bahkan, lebih dari 20% pasien Covid-19 dengan demensia meninggal dunia.

Salah satu penyebabnya, penderita demensia positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit terkadang tidak bisa mengontrol emosi. Mereka terkadang menolak minum obat sehingga membuat tenaga kesehatan kesulitan merawatnya.

Halaman:
Reporter: Andrea Lidwina
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement