Menkes Budi Targetkan Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Rampung Juni

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua menyasar 38 juta orang. Di antaranya, 21 juta warga lanjut usia dan 16 juta petugas pelayanan publik.
Pingit Aria
27 Februari 2021, 16:31
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikan (kiri) didampingi pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat KH Agoes Ali Mashuri (kedua kiri) di Lebo, Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (27/2/2021).
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikan (kiri) didampingi pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat KH Agoes Ali Mashuri (kedua kiri) di Lebo, Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (27/2/2021).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia) tuntas pada Juni 2021. Sebelumnya, vaksinasi tahap pertama menyasar petugas kesehatan.

"Ada 38 juta yang ditargetkan menerima vaksin Covid-19 tahap kedua atau sebanyak 76 juta suntikan," ujar Menkes saat memantau pelaksanaan vaksinasi lansia di Surabaya, Sabtu (27/2).

Menkes mengungkapkan, dari 38 juta yang harus divaksin pada tahap kedua, 21 juta penerima adalah lansia dan 16 juta lainnya adalah petugas pelayanan publik.

"Masalahnya bukan targetnya kapan, tapi vaksinnya yang terbatas, untuk itu harus dilakukan secara bertahap," kata mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu.

Vaksinasi kepada lansia, kata Menkes, diprioritaskan karena mereka adalah orang-orang berisiko tinggi. Jika sampai tertular virus corona, warga yang berusia di atas 60 tahun ini tingkat kematian atau fatality rate-nya lebih tinggi dibandingkan mereka yang lebih muda.

Berikut adalah Databoks penambahan kasus Covid-19 di Indonesia: 

Sementara itu, jumlah warga yang disuntik vaksin Covid-19 bertambah 32.584 orang. Dengan demikian, total warga yang menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 mencapai 1.616.165 orang.

Selain itu, jumlah warga yang menerima suntikan dosis kedua vaksin hari ini bertambah 116.500 orang. Dengan demikian, 982.370 orang telah menjalani vaksinasi Covid-19 dengan tuntas.

Saat ini, pemerintah telah memulai vaksinasi tahap kedua untuk petugas pelayanan publik dan lansia. Sebelumnya, 1.486.764 tenaga Kesehatan telah disuntik vaksin pada tahap pertama, kecuali mereka yang belum divaksin karena alasan kesehatan.

Data Kementerian Kesehatan, hingga saat ini sudah lebih dari 7 juta dosis vaksin Covid-19 yang didistribusikan untuk vaksinasi tahap kedua.

Sementara itu, pemerintah mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol Kesehatan, meski vaksinasi Covid-19 telah berjalan. Gerakan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun merupakan kunci utama untuk mencegah penularan virus corona.

 

Reporter: Antara
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait