Menkes Budi Targetkan Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Rampung Juni

Pingit Aria
27 Februari 2021, 16:31
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikan (kiri) didampingi pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat KH Agoes Ali Mashuri (kedua kiri) di Lebo, Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (27/2/2021).
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikan (kiri) didampingi pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat KH Agoes Ali Mashuri (kedua kiri) di Lebo, Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (27/2/2021).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia) tuntas pada Juni 2021. Sebelumnya, vaksinasi tahap pertama menyasar petugas kesehatan.

"Ada 38 juta yang ditargetkan menerima vaksin Covid-19 tahap kedua atau sebanyak 76 juta suntikan," ujar Menkes saat memantau pelaksanaan vaksinasi lansia di Surabaya, Sabtu (27/2).

Advertisement

Menkes mengungkapkan, dari 38 juta yang harus divaksin pada tahap kedua, 21 juta penerima adalah lansia dan 16 juta lainnya adalah petugas pelayanan publik.

"Masalahnya bukan targetnya kapan, tapi vaksinnya yang terbatas, untuk itu harus dilakukan secara bertahap," kata mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu.

Vaksinasi kepada lansia, kata Menkes, diprioritaskan karena mereka adalah orang-orang berisiko tinggi. Jika sampai tertular virus corona, warga yang berusia di atas 60 tahun ini tingkat kematian atau fatality rate-nya lebih tinggi dibandingkan mereka yang lebih muda.

Berikut adalah Databoks penambahan kasus Covid-19 di Indonesia: 

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement