Kolaborasi RI-Korsel, Prabowo Serahkan Kapal Selam Alugoro-405 ke TNI

Pingit Aria
17 Maret 2021, 18:12
Mennteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan serah terima kapal selam Alugoro-405 yang dibuat oleh PT PAL Indonesia yang bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan di Surabaya, Rabu (17/3)
Humas Kementerian Pertahanan
Mennteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan serah terima kapal selam Alugoro-405 yang dibuat oleh PT PAL Indonesia yang bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan di Surabaya, Rabu (17/3)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan Kapal selam Alugoro-405 untuk memperkuat  alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI Angkatan Laut. Kapal selam baru tersebut dibuat oleh PT PAL Indonesia yang bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan.

Kapal Selam Alugoro-405 diserahterimakan oleh DSME kepada Kementerian Pertahanan, selanjutnya diserahkan kepada Mabes TNI dan berturut turut kepada Mabes TNI AL dan Pangkoarmada II selaku pengguna, di PT. PAL Indonesia, Surabaya.

Dalam sambutannya, Prabowo mengapresiasi pembangunan kapal selam buatan dalam negeri itu. "Ini sebagai tonggak historis di mana untuk pertama kalinya galangan kapal milik perusahaan nasional, PT PAL berhasil ikut serta dalam produksi kapal selam," katanya dalam siaran pers, Rabu (17/3).

Menurut dia, industri Tanah Air perlu turut meningkatkan kemampuan pertahanan. “Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapa pun. Tidak. Berkali-kali, turun temurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai, tapi lebih cinta kemerdekaan," ujar mantan Danjen Kopassus ini.

Di hadapan seluruh tamu undangan, Prabowo mengatakan bahwa Indonesia harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan, melindungi segenap tumpah darah, kesatuan dan keutuhan wilayah dari ancaman tentara negara asing.

"Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi," ujarnya.

Berikut adalah Databoks anggaran peremajaan Alutsista 2015-2020: 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...