Kartu Prakerja Gelombang 15 Dibuka Siang Ini, Kuota 600 Ribu Peserta

Rizky Alika
18 Maret 2021, 12:10
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mula
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id.

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja telah mengumumkan penerima kartu prakerja pada gelombang 14. Selanjutnya, PMO akan membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang 15 hari ini (18/3) pukul 12.00 WIB.

"Betul (pendaftaran dibuka hari ini pukul 12.00). Kuota 600.000 peserta," kata Head of Communication Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, Kamis (18/3).

Berdasarkan Instagram resmi kartu prakerja, penerima kartu prakerja gelombang 14 telah diumumkan melalui SMS. Peserta yang lolos pada gelombang tersebut bisa mengecek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia.

Sebagai informasi, PMO akan menggandeng pihak lain untuk memastikan identitas pendaftar. Salah satu yang akan diajak bekerja sama adalah PT Asabri (Persero) untuk mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) pendaftar bukan anggota TNI dan Polri. Bila peserta telah memenuhi syarat umum, PMO akan melakukan pemilihan secara acak untuk menentukan peserta yang lolos seleksi.

Persyaratan pendaftaran kartu prakerja masih sama dengan tahun lalu, yaitu Warga Negara Indonesia, 18 tahun ke atas, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Kemudian, program ini ditujukan kepada pencari kerja, penganggur, pekerja, dan wirausaha yang terdampak pandemi Covid-19.

Apa saja benefit yang diterima oleh peserta Program Kartu Prakerja? Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...