Protokol Kesehatan Baru, Sertifikat Vaksin Bisa Jadi Syarat Perjalanan

Rizky Alika
19 Maret 2021, 16:41
Sejumlah anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel menerima suntikan vaksin COVID-19 di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (19/3/2021). Sebanyak 4.990 pekerja hotel dan restoran di daerah itu ditargetkan menerima vaksin COVID-19 dengan
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/foc.
Sejumlah anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel menerima suntikan vaksin COVID-19 di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (19/3/2021). Sebanyak 4.990 pekerja hotel dan restoran di daerah itu ditargetkan menerima vaksin COVID-19 dengan jadwal pelaksanaan 19-23 Maret 2021.

Pemerintah berencana menyusun standar protokol kesehatan yang baru. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, sertifikat vaksin Covid-19 dapat menjadi instrumen dalam berbagai aktivitas, termasuk perjalanan.

Ia mengatakan, konsep protokol kesehatan itu sudah diterapkan sejumlah otoritas di negara lain, seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). CDC melakukan pelonggaran protokol kesehatan serta menambahkan sertifikat vaksin dalam standar protokol.

Advertisement

"Misalnya acara keagamaan, pertemuan keluarga, makan bersama. Di CDC sudah keluarkan guideline cukup lengkap. Transportasi, acara konser, berbasis sertifikat vaksin," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/3).

Menurutnya, protokol kesehatan baru itu juga telah disetujui oleh otoritas lainnya, seperti The Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency (MHRA) Londo, European Medicines agency (EMA) Uni Eropa, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Saat ini, pemerintah masih mempersiapkan protokol kesehatan tersebut untuk setiap aktivitas. Protokol baru ini akan berlaku saat jumlah penerima vaksin dinilai sudah cukup banyak.

Sementara, Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa membuat sertifikat vaksinasi sebagai persyaratan perjalanan akan berisiko jika tidak ada tes imunitas individu bagi mereka yang telah menerima vaksin Covid-19.

"Pada prinsipnya, kami masih membutuhkan studi lebih lanjut tentang efektivitas vaksin dalam menciptakan kekebalan individu pada mereka yang telah divaksinasi," kata juru bicara Satgas Wiku Adisasmito dalam jumpa pers online di Jakarta, Kamis, seperti dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement