MRT Jakarta Sediakan Akses Sepeda Nonlipat di Tiga Stasiun

Akses bagi pengguna sepeda nonlipat tersedia di tiga stasiun MRT, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI.
Pingit Aria
24 Maret 2021, 18:15
Rangkaian kereta MRT melintas di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta, Sabtu (13/2/2021). PT MRT Jakarta (Perseroda) mulai 11 Februari 2021 memberlakukan jadwal operasional kereta pukul 05.00-22.00 WIB pada Senin-Jumat dengan selang waktu keberangkatan lima menit p
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Rangkaian kereta MRT melintas di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta, Sabtu (13/2/2021). PT MRT Jakarta (Perseroda) mulai 11 Februari 2021 memberlakukan jadwal operasional kereta pukul 05.00-22.00 WIB pada Senin-Jumat dengan selang waktu keberangkatan lima menit pada waktu sibuk dan setiap 10 menit pada waktu normal sedangkan pada akhir pekan kereta beroperasi mulai pukul 06.00-22.00 WIB dan menargetkan jumlah pengguna jasa layanan MRT Jakarta mencapai 65 ribu orang per hari untuk tahun 2021.

Olahraga bersepeda semakin digemari oleh masyarakat urban. PT MRT Jakarta pun menyediakan akses bagi pengguna sepeda nonlipat. Kebijakan ini berbeda dengan PT Kereta Commuter Indonesia yang hanya mengizinkan sepeda lipat masuk ke KRL.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar mengatakan bahwa saat ini  akses bagi pengguna sepeda nonlipat tersedia di tiga stasiun MRT, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI.

William menambahkan  akses sepeda nonlipat di tiga stasiun MRT ini  telah ditinjau langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Secara keseluruhan Beliau merasa puas dengan fasilitas ini dan Beliau mengimbau agar dalam pelaksanaannya dapat melibatkan saran dari publik serta terus melakukan peningkatan kenyamanan para pengguna MRT Jakarta," kata William Sabandar dalam keterangan resminya, Rabu.

William mengatakan bahwa Gubernur Anies juga memberikan sejumlah masukkan kepada MRT Jakarta terkait akses sepeda nonlipat tersebut. "Beliau ingin menambah rambu petunjuk (signage), tempat antre, dan sosialisasi kepada masyarakat,” ujar William Sabandar.

Sementara itu, jumlah penumpang MRT sempat merosot akibat pandemi Covid-19. Simak Databoks berikut: 

Lebih lanjut, William mengatakan saat ini di ketiga stasiun MRT tersebut juga disediakan fasilitas parkir sementara di sejumlah titik seperti sekitar mesin penjual tiket (ticket vending machine), toilet, dan musala.

Meski demikian, pengguna sepeda nonlipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk, yaitu pukul 07.00—09.00 WIN dan 17.00—19.00 WIB, dengan menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan.

Selain itu, William mengatakan bahwa demi menunjang kenyamanan penumpang dalam menggunakan fasilitas sepeda non-lipat, MRT Jakarta juga menyediakan jalur sepeda yang terletak pada tangga stasiun dan sticker tanda pada stasiun dan kereta.

Adapun kebijakan sepeda nonlipat ini telah melalui berbagai tahap uji coba yang dilakukan sebelumnya untuk memastikan jaminan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pelanggan MRT Jakarta.

Reporter: Antara
Editor: Pingit Aria
Video Pilihan

Artikel Terkait