Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie Bersaing Jadi Calon Ketua Umum Kadin

Pingit Aria
27 Maret 2021, 17:29
Direktur Utama Indika Energy, Arsjad Rasjid, saat jumpa pers terkait mundurnya Wishnu Wardana sebagai Komisaris Utama Indika Energy di Jakarta, Jumat, (27/01).
Arief Kamaludin|Katadata
Direktur Utama Indika Energy, Arsjad Rasjid, saat jumpa pers terkait mundurnya Wishnu Wardana sebagai Komisaris Utama Indika Energy di Jakarta, Jumat, (27/01).

Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid mendeklarasikan diri menjadi calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Ia akan bersaing dengan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya Bakrie untuk memperebutkan posisi tersebut.

Posisi tersebut akan kosong karena Ketua Umum Kadin saat ini, Rosan Roeslani, ditunjuk menjadi Dubes RI untuk AS. "Saya ingin membangun Kadin tumbuh secara inklusif dan kolaboratif. Kadin sebagai rumah kita bersama. Rangkul setiap pengusaha besar maupun kecil," kata Arsjad Rasjid melalui keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (27/3).

Advertisement

Dalam deklarasinya untuk posisi Ketua Umum Kadin periode 2021-2026, Arsjad memaparkan empat program dalam memajukan perekonomian lewat Kadin Indonesia. Keempat program itu adalah program kesehatan, pemulihan ekonomi nasional dan daerah, kewirausahaan, serta perbaikan internal organisasi.

Deklarasi yang digelar di Hutan Kota, Plataran, Senayan, Jakarta itu turut dihadiri oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, hingga Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadiala.

Selain itu, Rosan dan belasan Ketua Kadin Daerah juga menyampaikan dukungan kepada Arsjad .

Muhammad Lutfi dalam keterangannya menyampaikan dukungan kepada Arsjad yang disebutnya sebagai sosok panutan. "Saya melihat Indika dari permulaan berusaha, sampai menjadi perusahaan yang menggurita sampai ke mana-mana, perusahaan yang menjadi acuan dunia usaha di Indonesia," kata Lutfi.

Dukungan penuh juga disampaikan Ketua Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2015-2019 Bahlil Lahadiala.

Positioning saya jelas, saya mendukung Arsjad. Saya akan perjuangkan sampai menang jadi Ketum Kadin Indonesia periode selanjutnya yang akan menggantikan Bang Rosan,” kata Bahlil.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement