Adu Kuat Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie Berebut Kursi Ketua Kadin

Pingit Aria
30 Maret 2021, 18:59
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bakal menggelar pemilihan ketua umum pertengahan tahun ini. Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie bakal maju dalam pencalonan.
Arief Kamaludin|KATADATA
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bakal menggelar pemilihan ketua umum pertengahan tahun ini. Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie bakal maju dalam pencalonan.
  • Posisi Ketua Umum Kadin akan kosong setelah Rosan menjadi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.
  • Arsjad Rasjid banyak menggandeng tokoh nasional, sementara Anindya Bakrie rajin bersafari ke daerah.
  • Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah tidak akan ikut campur.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bakal menggelar pemilihan ketua umum. Dua kandidat, yakni Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie mulai menghimpun dukungan. Keduanya telah bersafari ke daerah serta sowan ke sejumlah tokoh.

Arsjad Rasjid merupakan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk, posisi yang didudukinya sejak 2005. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Komisaris PT Grab Teknologi Indonesia dan Komisaris PT Net Mediatama televisi. Namun, baru dua tahun terakhir ia terlibat dalam kepengurusan Kadin.

Advertisement

Sedangkan, Anindya yang merupakan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk telah belasan tahun berada dalam kepengurusan Kadin. Anin juga merupakan putra Aburizal Bakrie yang pernah memimpin Kadin.

“Pak Arsjad dan Pak Anindya sama-sama kuat. Tapi Pak Anin jelas posisinya lebih menguntungkan karena Wakil Ketua Bidang Organisasi dan lama di Kadin, jadi lebih dikenal,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Suryani Motik.

Beda Strategi

Arsjad mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai Ketua Umum Kadin pada Jumat, 26 Maret 2021. Sejumlah tokoh nasional hadir dalam acara yang digelar di Hutan Kota Plataran, Jakarta itu.

Di antaranya, ada Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. "Saya mendukung Pak Arsjad Rasjid menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026. Saya yakin kita akan bersatu memajukan Indonesia, memulihkan perekonomian Indonesia," ujarnya.

Lutfi mengatakan Arsjad merupakan kawan lama. Mereka sama-sama berkuliah di Los Angeles, Amerika Serikat. Keduanya juga teman satu tempat tinggal saat masih duduk di bangku kuliah dan memulai merintis menjadi pengusaha pada waktu yang hampir berbarengan.

Selain Lutfi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga tampak hadir. “Positioning saya jelas, saya mendukung Arsjad. Saya akan perjuangkan sampai menang jadi Ketum Kadin Indonesia periode selanjutnya yang akan menggantikan Bang Rosan,” kata Bahlil yang juga Ketua Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2015-2019

Selain keduanya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono juga hadir. Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani serta belasan Ketua Kadin Daerah juga menyampaikan dukungan kepada Arsjad.

Arsjad Rasjid
Arsjad Rasjid (Arief Kamaludin|Katadata)

Tak hanya itu, Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soelistyo Soerjosoemarno mengatakan kelompoknya mendukung Arsjad lantaran bos Indika Energy ini merupakan Wakil Ketua Umum PP.

Berbeda dengan Arsjad yang mengumpulkan tokoh-tokoh nasional, Anindya bakrie banyak bersafari ke daerah. Ia juga mendokumentasikan setiap kunjungannya melalui media sosial.

Pada 4 Maret 2021 misalnya, Anindya bertolak ke Semarang untuk menemui pengurus Kadin Jawa Tengah dengan Gubernur Ganjar Pranowo.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement