Kinokuniya Plaza Senayan Tutup, Kini Sisakan Satu Gerai Offline

Sebelum Kinokuniya, Muji telah menutup gerai terakhirnya di Indonesia pada pertengahan Maret 2021.
Image title
Oleh Cahya Puteri Abdi Rabbi
1 April 2021, 12:12
Kinokuniya Plaza Senayan tutup permanen mulai 1 April 2021
Plaza Senayan
Kinokuniya Plaza Senayan tutup permanen mulai 1 April 2021

Toko buku Kinokuniya Plaza Senayan resmi tutup secara permanen mulai hari ini, 1 April 2021. Dengan demikian, Kinokuniya kini hanya menyisakan satu gerai di Grand Indonesia.

Kinokuniya Plaza Senayan telah 22 tahun beroperasi di Indonesia. “Sampai bertemu di Kinokuya Grand Indonesia dan toko online resmi kami,” demikian pernyataan tertulis manajemen lewat akun @kinokuniya_id, Rabu (31/3).

Postingan dengan tagar #kinokuniyaPS itu sampai kamis 1 April sudah disukai lebih dari 2.100 pengguna instagram. Beberapa warganet mengungkapkan kesedihan karena tutupnya toko buku favorit mereka.

Mengutip dari laman resminya, Kinokuniya pertama kali beroperasi di Indonesia pada Maret 1990 dengan membuka gerai di Plaza Indonesia, namun gerai tersebut tutup pada 2010. Kemudian, Gerai Kinokuniya di Pondok Indah Mal 2 juga sudah tutup sejak 2018.

Kinokuniya kini berfokus pada penjualan secara online melalui website resmi dan beberapa marketplace.

Sebelum Kinokuniya, jaringan retail asal Jepang, Muji telah menutup gerai terakhirnya di Indonesia pada 21 Maret 2021. “Dengan demikian, secara resmi kami menyelesaikan seluruh operasional kami di Indonesia,” tulis manajemen Muji dalam unggahan akun @mujiindonesia, Selasa, (30/3).

Dalam unggahannya, Muji yang telah 12 tahun beroperasi di Indonesia berharap bisa kembali melayani pelanggan setia mereka.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Video Pilihan

Artikel Terkait