THR PNS Dibayar Penuh, Swasta Masih Digantung

Pingit Aria
5 April 2021, 08:49
Buruh linting rokok beraktivitas di salah satu pabrik rokok di Blitar, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). Ada kemungkinan pembayaran THR tahun ini akan dicicil seperti tahun lalu.
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/foc.
Buruh linting rokok beraktivitas di salah satu pabrik rokok di Blitar, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). Ada kemungkinan pembayaran THR tahun ini akan dicicil seperti tahun lalu.

Pemerintah telah memastikan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dibayar penuh tahun ini. Sementara bagi karyawan swasta, masih ada kemungkinan pembayarannya akan dicicil seperti tahun lalu.

Kementerian Ketenagakerjaan masih mempertimbangkan keputusan apakah THR tahun ini harus dibayar penuh atau perusahaan boleh membayarkannya bertahap atau dicicil seperti tahun lalu. Sebab, dampak pandemi Covid-19 bagi dunia usaha masih terasa.

“Ini yang menjadi opsi kita pertimbangan dari analisis perusahaan-perusahaan apakah masih kena dampaknya atau sudah bangkit," kata Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi, Senin (5/4).

Menurutnya, saat ini Kementerian Ketenagakerjaan masih menyusun sistem pemberian THR dengan Dewan Pengupahan Nasional.

Ada kemungkinan pembayaran THR tahun ini dapat dicicil, namun kebijakan itu tidak berlaku secara merata. Kementerian Ketenagakerjaan tengah mempertimbangkan untuk memilah kriteria perusahaan yang diperbolehkan untuk menyicil THR bagi pegawainya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta pengusaha untuk membayar penuh tunjangan hari raya (THR) Lebaran karyawan atau pekerja tahun ini.

Berikut Databoks mengenai rata-rata pendapatan pekerja di Indonesia: 

Hal ini dinyatakannya dalam pertemuannya dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia). "Tahun lalu THR dicicil, saya minta tahun ini dibayar secara penuh. Kita harus komitmen," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Jumat (2/4) lalu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...