Orang Terkaya Dunia, Harta Jeff Bezos Hampir Setara APBN

Di tengah pandemi, harta orang-orang terkaya dunia seperti Jeff Bezos dan Elon Musk justru meningkat.
Pingit Aria
7 April 2021, 11:02
Pendiri Amazon, Jeff Bezos.
Instagram/@jeffbezos
Pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Forbes kembali merilis daftar orang terkaya dunia tahun 2021. Pendiri Amazon Jeff Bezos menempati posisi pertama selama empat tahun berturut-turut. Di posisi kedua ada bos tesla, Elon Musk.

Menurut Forbes, sebanyak 2.755 orang tercatat memiliki harta di atas US$ 1 miliar pada awal tahun ini. Di tengah pandemi Covid-19, jumlah miliarder justru bertambah. Total kekayaan gabungan mereka mencapai US$13,1 triliun, naik dari US$ 8 triliun tahun lalu.

“Mereka yang sudah sangat kaya menjadi semakin kaya," kata Randall Lane, Chief Content Officer Forbes, Selasa (6/4).

Total kekayaan Jeff Bezos tahun ini mencapai US$ 177 miliar atau sekitar Rp 2.560 triliun. Sebagai perbandingan, totalAPBN Indonesia tahun ini sebesar Rp 2.750 triliun. Kekayaan Bezos melonjak 57% dalam setahun, yang sebagian besar ditunjang kenaikan nilai saham Amazon.

Sementara di posisi kedua, harta Elon Musk berjumlah US$ 151 miliar atau Rp 2.184 triliun. Posisinya naik pesat dari peringkat 31 tahun lalu dengan jumlah kekayaan naik berkali lipat dari US$ 24,6 miliar menjadi US$ 151 miliar karena lonjakan harga saham Tesla.

Selanjutnya ada Bernard Arnault. Taipan Prancis pemilik merek Louis Vuitton itu menduduki posisi ketiga dengan kekayaan US$ 150 miliar, naik dua kali lipat dari US$ 76 miliar tahun lalu.

Kemudian ada pendiri Microsoft, Bill Gates dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg di posisi lima besar dengan kekayaan masing-masing senilai US$ 124 miliar dan US$ 97 miliar.

Jeff Bezos dan Amazon

Jeff Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1994 dan saat ini menjadi salah satu raksasa e-commerce dunia. Tahun 2019, perusahaan tersebut membukukan pendapatan US$280,5 miliar (Rp4.058 triliun) dan laba bersih senilai US$11,5 miliar (Rp166,3 triliun).

Dikutip dari Forbes, Amazon memperkerjakan 175 ribu pekerja tambahan untuk menangani lonjakan pesanan pada awal pandemi pada Maret dan April 2020 lalu.

Tahun 2021 menjadi saat terakhir bagi Jeff Bezos menduduki kursi CEO Amazon. Setelah ini dia akan bekerja sebagai executive chairman untuk perusahaan tersebut.

Selain Amazon, Jeff Bezos juga diketahui memiliki sejumlah perusahaan lain yang bergerak di sejumlah bidang. Misalnya di bidang media The Washington Post, dan pengembang roket Blue Origin.

 

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Video Pilihan

Artikel Terkait