Mudik Dilarang Tapi Wisata Tetap Buka, Ini Kata Satgas Covid-19

Cahya Puteri Abdi Rabbi
13 April 2021, 17:18
Petugas memeriksa tiket pengguna sepeda motor yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (10/4/2021). Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi menyatakan untuk mendukung kebijakan pemerintah tentang larangan mudik guna me
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.
Petugas memeriksa tiket pengguna sepeda motor yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (10/4/2021). Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi menyatakan untuk mendukung kebijakan pemerintah tentang larangan mudik guna mencegah penyebaran COVID-19, pihaknya akan menutup layanan penyeberangan penumpang di Pelabukan Merak, Bakauheni, Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk tanggal 6-17 Mei 2021.

Pemerintah melarang masyarakat mudik lebaran 2021 untuk menekan angka penularan virus corona. Namun, tempat wisata akan tetap dibuka. Pemerintah juga masih mengizinkan warga berpergian jarak dekat di daerah-daerah yang aglomerasi.

Juru bicara  Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, mudik biasanya menyebabkan mobilitas penduduk yang sangat besar keluar daerah, hal itu dapat berpengaruh pada peningkatan dan penyebaran kasus positif Covid-19. Karena itu pemerintah melarang mudik pada lebaran tahun ini.

Advertisement

“Kami belajar dari pengalaman yang lalu bahwa setiap setelah libur panjang atau akhir pekan, dua atau tiga minggu setelahnya diikuti oleh angka kasus positif dan kematian yang meningkat. Kami tidak ingin hal ini terjadi selama Ramadan tahun ini,” kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Selasa (13/4).

Sementara, tempat wisata dan perjalanan jarak dekat tetap diperbolehkan karena mobilitas masyarakat tetap terkontrol di wilayah yang sama.

Wiku meminta masyarakat untuk memaklumi kebijakan larangan mudik yang sudah ditetapkan karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum selesai. “Masyarakat harus memahami. Bukan hanya mudik yang dilarang, tapi juga solat dan kegiatan keagamaan selama Ramadan harus diperhatikan agar tidak terjadi lonjakan kasus positif selama Ramadan sampai Idul Fitri,” katanya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement