Jokowi Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2021 di Atas 7%

Rizky Alika
15 April 2021, 12:49
Presiden Indonesia Joko Widodo saat menjalani vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, Rabu (13/1/2021). Jokowi menargetkan pertumbuhan ekonomi 7% pada kuartal II 2021.
Agus Suparto
Presiden Indonesia Joko Widodo saat menjalani vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, Rabu (13/1/2021). Jokowi menargetkan pertumbuhan ekonomi 7% pada kuartal II 2021.

Presiden Joko Widodo menargetkan pertumbuhan ekonomi kuartal II di atas 7% secara tahunan. Ia meminta pemerintah daerah untuk mendukung upayanya ini.

Menurut Jokowi, pertumbuhan ekonomi pada periode April-Juni akan menjadi titik penentu bagi pertumbuhan keseluruhan tahun ini. Bila tak mencatatkan hasil positif, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III dan IV juga akan sulit meningkat. 

Advertisement

"Kita harus bisa meningkatkan, menaikkan paling tidak di atas 7% di kuartal II.," kata Jokowi pada Pengarahan kepada Peserta Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/4).

Karena itu, ia meminta kepala daerah tidak menghambat izin investasi. Saat ini, Undang-Undang Cipta Kerja telah diimplementasikan. Ia meminta, kepala daerah turut mendukung penerapan aturan tersebut.

"Kalau memperlambat izin investasi artinya apa? Memperlambat pertumbuhan ekonomi daerah. Yang artinya juga memperlambat pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya.

Simak Databoks berikut: 

Seiring penerbitan UU Cipta Kerja, perizinan investasi di tingkat pusat menjadi semakin cepat. Namun, hal ini perlu didukung dengan kecepatan izin di tingkat daerah agar pertumbuhan ekonomi lebih merata.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement