Enam Juta Bulk Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap ke-8 Tiba di Indonesia

Pingit Aria
18 April 2021, 13:34
Vaksinator memeriksa cairan vaksin COVID-19 sebelum diberikan kepada warga penerima vaksin di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Pemerintah tetap melaksanakan vaksinasi selama bulan Ramadhan dengan berpedoman fatwa MUI tentang vaksinasi C
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.
Vaksinator memeriksa cairan vaksin COVID-19 sebelum diberikan kepada warga penerima vaksin di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Pemerintah tetap melaksanakan vaksinasi selama bulan Ramadhan dengan berpedoman fatwa MUI tentang vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa.

Sebanyak 6 juta bulk atau bahan baku vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari Tiongkok telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten. Ini merupakan sebagai bagian dari pengiriman vaksin tahap kedelapan yang diterima Indonesia.

"Hari ini kami mendatangkan 6 juta bulk vaksin dari Sinovac, Tiongkok, yang merupakan bagian dari pengiriman 140 juta bulk vaksin yang akan kita terima tahun 2021 ini,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Minggu (18/4).

Advertisement

Ia mengatakan secara kumulatif Indonesia telah menerima total 59,5 juta "bulk" vaksin Sinovac yang dapat diproduksi menjadi 47 juta dosis vaksin oleh PT Bio Farma. "Sampai sekarang sudah 22 juta dosis dari 47 juta dosis yang masuk dan sudah kita distribusikan ke seluruh daerah," katanya.

Dalam satu bulan ke depan, Budi memperkirakan Indonesia memiliki tambahan 20 juta dosis lagi atas kedatangan 6 juta bulk vaksin pada Minggu ini. Ia berharap tambahan dosis vaksin tersebut bisa didistribusikan kepada masyarakat pada bulan April dan Mei 2021.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement