Rosan Temui Jokowi, Laporkan Munas Kadin dan Vaksin Gotong Royong

Jokowi menekankan bahwa dalam pemilihan calon ketua umum Kadin, pemerintah dalam posisi netral.
Image title
20 April 2021, 16:04
Kadin
Arief Kamaludin|KATADATA

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani hari ini menemui Presiden Joko Widodo. Kepada Jokowi, Rosan menyampaikan rencana penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) Kadin VIII dan perkembangan terkait program vaksinasi gotong royong.

“Presiden mengatakan akan hadir secara langsung pada Munas VIII yang akan diselenggarakan secara hybrid. Beliau menyarankan untuk dilaksanakan pada minggu pertama Juni 2021 di Bali, di tempat yang terbuka," kata Rosan usai pertemuan di Istana Bogor, Selasa (20/4).

Dipilihnya Bali sebagai tempat pelaksanaan Munas merupakan bentuk dukungan untuk bangkitnya perekonomian Bali yang sektor pariwisatanya terdampak signifikan selama pandemi Covid-19.

Dalam Munas VIII, Anggota Kadin akan memilih calon ketua umum yang baru. Ketua umum yang terpilih nantinya diharapkan dapat memperkuat fungsi dan peranan Kadin sebagai mitra Pemerintah dan dapat membantu memperkuat perekonomian Indonesia.

Menurut Rosan, Jokowi menyampaikan bahwa dalam pemilihan calon ketua umum Kadin, Pemerintah dalam posisi netral. “Beliau berharap agar kompetisi dapat berjalan secara sehat dan akan mendukung siapapun ketua umum yang terpilih nantinya dan siapapun yang menang harus saling merangkul kembali," ujarnya.

Vaksin Gotong Royong

Selain melaporkan mengenai rencana Munas, Rosan juga melaporkan perkembangan pendataan program Vaksinasi Gotong Royong yang dibuka sejak 28 Januari 2021  hingga 10 April 2021. Data terakhir, sebanyak 17.387 Perusahaan telah mendaftar dengan 8,6 juta orang sasaran vaksinasi.

Rosan mengatakan, vaksin yang akan digunakan adalah Sinopharm dan Sputnik. Sementara pelaksanaan vaksinasinya diharapkan akan dilakukan pada minggu ketiga Mei 2021.

Simak Databoks berikut: 

Dalam kesempatan itu, menurut Rosan, Presiden juga menyampaikan harapannya agar vaksinansi dapat segera dilakukan sehingga  meningkatkan kepercayaan bagi para pekerja dan rasa aman sehingga diharapkan produktivitas dapat kembali normal. 

Dikatakan Rosan, selain pelaksanaan Munas dan program vaksinasi gotong royong, pertemuan juga mendiskusikan perkembangan ekonomi dan target perekonomian yang ditetapkan Pemerintah.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait