Pameran inaFashion Smesco Online Expo 2021 Digelar hingga Akhir April

Pameran inaFashion Smesco Online Expo 2021 memamerkan produk-produk UMKM lokal dan diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional.
Image title
21 April 2021, 16:20
Pengunjung memilih aksesoris pakaian saat Indonesia Hijab Fest di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021). Pameran inaFashion Smesco Online Expo 2021 dibuka mulai hari ini, 21 April hingga 30 April 2021.
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Pengunjung memilih aksesoris pakaian saat Indonesia Hijab Fest di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021). Pameran inaFashion Smesco Online Expo 2021 dibuka mulai hari ini, 21 April hingga 30 April 2021.

Pameran inaFashion Smesco Online Expo 2021 dibuka mulai hari ini, 21 April hingga 30 April 2021. Pameran ini diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan penjualan produk-produk UMKM saat pandemi.

Selain berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), pameran inaFashion 2021 juga didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Dukungan dari Kementerian-kementerian tersebut turut membantu kami dalam memperluas jaringan bisnis ke luar negeri,” kata Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah, Rabu (21/4).

Pameran virtual ini dapat diakses melalui https://tradefair.inaproduct.com/event/.  Di dalamnya, ada 200 exhibitor yang terdiri dari anggota asosiasi, manufacturer, pemilik bisnis, supplier, peretail, eksportir, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Advertisement

Produk dalam pameran ini terbagi menjadi empat kategori besar, pertama, material mentah yang terdiri dari tekstil, tali maupun benang, kancing, kulit, dan risleting. Kedua, ada supporting, yakni sekolah desain, mesing-mesin, sekolah kecantikan, garmen dan logistik. Selain itu, ada juga produk ready to wear berupa pakaian wanita, pria, anak-anak, fesyen muslim, dan baju olahraga, hingga produk alas kaki.

Budihardjo mengatakan, pameran ini digelar sebagai salah satu upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dan membantu para UMKM Indonesia. “Diperlukan tindakan-tindakan dan terobosan dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, jadi tidak hanya meminta bantuan ke Pemerintah,” kata Budi.

Simak Databoks berikut: 

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengapresiasi penyelenggaraan pameran inaFashion Smesco Online Expo 2021. Menurutnya, acara ini sebagai salah satu alternatif untuk mendongkrak penjualan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ia mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, masyarakat tidak boleh kehilangan kreativitas sehinggga kegiatan ekonomi tetap berjalan. Ia menambahkan, ajang ini bisa menjadi tempat untuk para pelaku usaha untuk mulai berani menampilkan produk-produk dalam negeri dan mempromosikannya.

“Bidang Fashion termasuk sangat penting bagi industri kita dan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Kami ingin jadikan acara ini sebagai trading house dari produk-produk UMKM,” kata Teten dalam Opening Ceremony inaFashion Smesco Online Expo 2021, di Jakarta, Rabu (21/4).

Teten menjelaskan, saat ini pemerintah sedang mempersiapkan ekosistem pembiayaan untuk mendukung tumbuhnya UMKM. Dan fokus untuk melahirkan wirausaha-wirausaha baru, dari UMKM yang sudah ada maupun para pelaku usaha pemula di kalangan anak muda. “Untuk payung hukumnya, kami sedang menyiapkan Perpres Kewirausahaan,” ujarnya.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait