Harapan Pengusaha untuk Kementerian Investasi: Tingkatkan kepastian

Cahya Puteri Abdi Rabbi
30 April 2021, 11:14
Presiden Joko Widodo (kanan) mengambil sumpah jabatan pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 dan kepala lembaga pemerintah non kementerian di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021). Presiden resmi melantik Bahlil L
ANTARA FOTO/Setpres/Rusman/Handout/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) mengambil sumpah jabatan pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 dan kepala lembaga pemerintah non kementerian di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021). Presiden resmi melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi serta Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN.

Presiden Joko Widodo telah melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Kalangan pengusaha berharap pembentukan Kementerian Investasi yang menggantikan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu dapat lebih memberikan kepastian usaha.

“Dengan diubahnya BKPM menjadi Kementerian Investasi, kami harap bisa lebih meningkatkan aspek kepastian, transparansi, dan koherensi kebijakan terkait investasi, juga efisiensi birokrasi dan kemudahan pengurusan administrasi-administrasi berusaha dan berinvestasi di Indonesia,” kata Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani, Kamis (29/4).

Shinta mengatakan, dengan perubahan status kelembagaan tersebut, koordinasi dengan kementerian-kementerian teknis lainnya dapat lebih selaras. Dengan begitu, regulasi yang dihasilkan terkait investasi tidak tumpang tindih.

“Kami juga berharap, ke depannya Indonesia bisa lebih agile dalam menanggapi perubahan di level regional dan internasional yang mempengaruhi daya saing iklim usaha dan investasi di Indonesia,” kata dia.

Simak Databoks berikut: 

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo resmi membentuk kementerian baru, yakni Kementerian Investasi. Jokowi juga melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi pada Rabu (28/4).

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...